Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T18:34:11ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-25T03:48:01Z2016-01-25T03:48:01Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19352This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/193522016-01-25T03:48:01ZMENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA
MELALUI MODEL SEQIP SISWA KELAS V
SDN 3 TULUNGAGUNG KECAMATAN GADINGREJODalam setiap proses pembelajaran tentu harus ada perubahan dan peningkatan baik secara
kognitif,afektif dan psikomotorik. Di SDN 3 Tulungagung sebagian siswa kehilangan hasrat
untuk belajar mata pelajaran IPA, karena pelajaran ini di anggap kurang menarik dan sulit di
pelajari. Ketidakterkaitan tersebut dapat menyebabkan hasil yang ingin di capai akan rendah.
Pembelajaran IPA di SDN 3 Tulungagung selama ini cenderung momoton, kurang melibatkan
siswa sehingga siswa merasa bosan dan malas untuk mempelajari IPA. Oleh sebab itu perlu
dilakukan inovasi pembelajaran melalui PTK, dengan tujuan meningkatan
keterlibatan/partisipasi siswa dalam setiap proses pembelajaran terutama dalam kegiatan praktik
dalam mata pelajaran IPA, meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya mata pelajaran IPA di
SDN 3 Tulungagung akan meningkat sesuai dengan harapan sekolah, serta meningkatkan nilai
psikomotor siswa dalam melakukan praktik IPA.
Penelitian ini dilaksankan dalam II siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa “Pembelajaran dengan menggunakan model Seqip dapat meningkatkan
hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 3 Tulungagung, yang ditunjukkan dengan adanya
peningkatan hasil tes siswa, aktivitas belajar, dan keterampilan siswa dari siklus I kesiklus II ”.JAHIDI MAHFUDDIN 07130562092016-01-22T07:38:16Z2016-01-22T07:38:16Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19035This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/190352016-01-22T07:38:16ZMENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA
MELALUI MODEL SEQIP SISWA KELAS V
SDN 3 TULUNGAGUNG KECAMATAN GADINGREJODalam setiap proses pembelajaran tentu harus ada perubahan dan peningkatan baik secara
kognitif,afektif dan psikomotorik. Di SDN 3 Tulungagung sebagian siswa kehilangan hasrat
untuk belajar mata pelajaran IPA, karena pelajaran ini di anggap kurang menarik dan sulit di
pelajari. Ketidakterkaitan tersebut dapat menyebabkan hasil yang ingin di capai akan rendah.
Pembelajaran IPA di SDN 3 Tulungagung selama ini cenderung momoton, kurang melibatkan
siswa sehingga siswa merasa bosan dan malas untuk mempelajari IPA. Oleh sebab itu perlu
dilakukan inovasi pembelajaran melalui PTK, dengan tujuan meningkatan
keterlibatan/partisipasi siswa dalam setiap proses pembelajaran terutama dalam kegiatan praktik
dalam mata pelajaran IPA, meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya mata pelajaran IPA di
SDN 3 Tulungagung akan meningkat sesuai dengan harapan sekolah, serta meningkatkan nilai
psikomotor siswa dalam melakukan praktik IPA.
Penelitian ini dilaksankan dalam II siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa “Pembelajaran dengan menggunakan model Seqip dapat meningkatkan
hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 3 Tulungagung, yang ditunjukkan dengan adanya
peningkatan hasil tes siswa, aktivitas belajar, dan keterampilan siswa dari siklus I kesiklus II ”.JAHIDI MAHFUDDIN 07130562092015-10-22T09:40:10Z2015-10-22T09:40:10Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13356This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/133562015-10-22T09:40:10ZMENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA
MELALUI MODEL SEQIP SISWA KELAS V
SDN 3 TULUNGAGUNG KECAMATAN GADINGREJODalam setiap proses pembelajaran tentu harus ada perubahan dan peningkatan baik secara
kognitif,afektif dan psikomotorik. Di SDN 3 Tulungagung sebagian siswa kehilangan hasrat
untuk belajar mata pelajaran IPA, karena pelajaran ini di anggap kurang menarik dan sulit di
pelajari. Ketidakterkaitan tersebut dapat menyebabkan hasil yang ingin di capai akan rendah.
Pembelajaran IPA di SDN 3 Tulungagung selama ini cenderung momoton, kurang melibatkan
siswa sehingga siswa merasa bosan dan malas untuk mempelajari IPA. Oleh sebab itu perlu
dilakukan inovasi pembelajaran melalui PTK, dengan tujuan meningkatan
keterlibatan/partisipasi siswa dalam setiap proses pembelajaran terutama dalam kegiatan praktik
dalam mata pelajaran IPA, meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya mata pelajaran IPA di
SDN 3 Tulungagung akan meningkat sesuai dengan harapan sekolah, serta meningkatkan nilai
psikomotor siswa dalam melakukan praktik IPA.
Penelitian ini dilaksankan dalam II siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, hasil penelitian
hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 3 Tulungagung, yang ditunjukkan dengan adanyaJAHIDI MAHFUDDIN 0713056209