Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:45:30ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-12-18T07:20:01Z2015-12-18T07:20:01Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15737This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/157372015-12-18T07:20:01ZPENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA KELAS V
(LIMA) SEKOLAH DASAR NEGERI BANJAR AGUNG UDIK
MELALUI PENGGUNAAN MEDIA REALIAMasalah dalam penelitian ini adalah masih banyak siswa kelas V (lima) SDN
Banjar Agung Udik Kecamatan Pugung kabupaten Tanggamus yang memperoleh
prestasi rendah pada tes sumatif semester ganjil tahun 2009-2010 untuk pelajaran
matematika. Permasalahannya adalah apakah penggunaan media realia dapat
meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN Banjar Agung
Udik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi
siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan media realia.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kerja kelompok
dengan menggunakan media realia dengan pola sebelum pembelajaran dan
sesudah pembelajaran. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah 21
siswa kelas V SDN Banjar Agung Udik yang masih memiliki prestasi yang rendah
pada semester ganjil tahun 2009/2010 untuk pelajaran matematika.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan
prestasi siswa pada pelajaran matematika setelah dilakukan pembelajaran dengan
menggunakan media realia. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai
prestasi siswa antara tes awal (sebelum pembelajaran dengan media realia) dengan
tes akhir (sesudah pembelajaran menggunakan media realia) dan antara siklus 1
dengan siklus 2. Jumlah siswa yang tuntas pada tes awal siklus 1 sebanyak 2
siswa, yang belum tuntas sebanyak 19 siswa. Sedangkan jumlah siswa yang tuntas
pada tes akhir siklus 1 sebanyak 9 siswa, yang belum tuntas sebanyak 12 siswa.
Jumlah siswa yang tuntas pada tes awal siklus 2 sebanyak 6 siswa, yang belum
tuntas sebanyak 15 siswa. Sedangkan jumlah siswa yang tuntas pada tes akhir
siklus 2 sebanyak 19 siswa, yang belum tuntas sebanyak 2 siswa. Ini berarti
terdapat peningkatan prestasi siswa yang signifikan antara prestasi yang diperoleh
siswa sebelum pembelajaran dengan sesudah pembelajaran yang menggunakan
media realia.
vi
Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan
media realia, aktivitas belajar siswa meningkat dan sejalan dengan hal tersebut
maka prestasi siswapun meningkat pula. Saran yang diajukan peneliti adalah
hendaknya para guru menggunakan media realia dalam pembelajaran. Media
realia yang disarankan adalah media realia sederhana yang diambil dari
lingkungan sekitar dan mudah diperoleh atau dapat dibuat sendiri.Untuk materi
kesebangunan dan simetri, media realia bangun datar yang terbuat dari kertas
berwarna terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kepada para siswa
hendaknya selalu memperhatikan penjelasan guru, berperan aktif dalam
berdiskusi, aktif memanipulasi media realia yang ada, berani bertanya kepada
guru tentang materi yang belum diketahui, percaya diri dan berani mengemukakan
pendapatnya di depan teman-temannya.
Kata kunci: media realia, aktivitas belajar, prestasi belajar matematikaTRI SUBEKTI 0713056221