Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T15:35:11ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-05-18T06:55:24Z2016-05-18T06:55:24Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20809This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/208092016-05-18T06:55:24ZPENGGUNAAN BAHAN AJAR LEAFLET
DENGAN MODEL PEMBELAJARAN
STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT
DIVISION (STAD) TERHADAP
PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI
POKOK SISTEM PERNAPASAN
(Studi Eksperimen Semu Siswa Kelas XI IPA
SMA Negeri 6 Bandar Lampung Tahun
Pelajaran 2011/2012)Penguasaan konsep adalah kemampuan siswa menguasai materi pelajaran yang
diberikan. Namun, hasil observasi pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6
Bandar Lampung menunjukkan bahwa penguasaan konsep siswa pada materi
pokok sistem pernapasan masih rendah. Oleh karena itu, dibutuhkan bahan ajar
dan model pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran yaitu
menggunakan bahan ajar Leaflet dengan model pembelajaran STAD.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan bahan ajar leaflet dengan
model pembelajaran STAD terhadap peningkatan penguasaan konsep dan
aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan desain
pretest postest kelompok equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI
IPA2 dan XI IPA3 yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Data
penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari
rata-rata nilai pretes dan postes yang dihitung selisihnya dan diperoleh N-Gain
kemudian dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dengan taraf signifikan
5%. Data kualitatif berupa penguasaan konsep oleh siswa, data aktivitas belajar
RIZA TRESYIA MERTA
ii
siswa dan angket tanggapan siswa terhadap kemenarikan bahan ajar leaflet yang
dianalisis secara deskriptif .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan antara nilai pretest dan
postes yang di ukur dengan N-gain pada kelas eksperimen I yaitu sebesar 68,72,
sedangkan kelas eksperimen II sebesar 30,03. Aspek penguasaan konsep yang
memiliki nilai rata-rata tertinggi yaitu pada aspek pemahaman (C2) pada kelas
eksperimen I sebesar 96,25 sedangkan kelas eksperimen II sebesar 68,54, ratarata aspek penguasaan konsep terendah yaitu pada aspek menganalisis (C4) pada
kelas eksperimen I sebesar 59,17 sedangkan pada kelas eksperimen II sebesar
22,64. Selain itu rata-rata aktivitas siswa berkriteria tinggi pada aspek bekerja
sama dalam kelompok, bertanya, bertukar informasi dan presentasi, selanjutnya
berdasarkan data angket kemenarikan bahan ajar leaflet, 100% siswa menyatakan
bahwa penggunaan leaflet lebih memudahkan saya untuk membacanya daripada
yang berbentuk buku, ukuran font dalam leaflet dapat terbaca dengan baik, mudah
dipahami dan tidak membosankan. Dengan demikian, Penggunaan bahan ajar
leaflet dengan model pembelajaran STAD berpengaruh secara signifikan terhadap
peningkatan penguasaan konsep dan aktivitas belajar siswa SMA Negeri 6
Bandar lampung pada materi pokok Sistem Pernapasan.
Kata kunci : Lefleat, Materi Sistem Pernapasan, Penguasaan konsep, STADRiza Tresyia Merta 0743024046