Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:56:08ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-14T03:09:56Z2016-01-14T03:09:56Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17387This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/173872016-01-14T03:09:56ZPENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN CARA BELAJAR SISWA
TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS
SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 1 TERUSAN NUNYAI
TAHUN PELAJARAN
2010/2011Hasil belajar merupakan hasil dari suatu pembelajaran yang dijadikan sebagai
tolak ukur keberhasilan dan ketercapaian tujuan pembelajaran. Seorang siswa
dikategorikan berhasil dalam belajar jika setelah mengikuti pembelajaran maka
tingkat pengetahuannya akan bertambah, kemudian sikap dan perilakunya akan
menjadi lebih baik. Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan di SMA
Negeri 1 Terusan Nunyai menunjukkan bahwa hasil belajar ekonomi siswa kelas
XI IPS tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil ujian semester ganjil
mata pelajaran ekonomi, dari 85 siswa kelas XI IPS, yang mencapai ketuntasan
belajar sebanyak 20 siswa atau sebesar 23,53% sedangkan 76,47% atau sebanyak
65 siswa belum mampu mencapai ketuntasan. Hasil belajar banyak bergantung
kepada bagaimana proses belajar yang dialami oleh anak didik. Dalam kegiatan
belajar mengajar banyak sekali faktor yang mempengaruhinya, baik faktor intern
maupun faktor ekstern. Faktor ekstern yang mempengaruhi hasil belajar adalah
perhatian orang tua siswa. Selain itu, hasil belajar juga dipengaruhi oleh cara
belajar. Apabila siswa dalam belajar memiliki cara-cara belajar yang efektif maka
siswa dapat memaksimalkan hasil belajarnya.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah pengaruh perhatian orang tua
dan cara belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS semester ganjil
SMA Negeri 1 Terusan Nunyai tahun pelajaran 2010/2011 ?”. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 1
Terusan Nunyai tahun 2010/2011 sebanyak 3 kelas dengan jumlah 85 siswa.
Teknik pengambilan sampel yaitu probability sample dengan menggunakan
proportional random sampling. Untuk menentukan sampel menggunakan rumus
cochran didapat sampel sebanyak 70 siswa. Metode yang digunakan dalam
penelitian adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto
dan survey. Data yang terkumpul melalui angket, diolah dengan komputer
melalui program SPSS versi 16. Untuk menguji hipotesis pertama dan kedua
menggunakan regresi linier sederhana, sedangkan hipotesis ketiga menggunakan
regresi linier multiple.
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut.
1. Ada pengaruh yang positif dan signifikan perhatian orang tua terhadap hasil
belajar ekonomi siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 1 Terusan
Nunyai Tahun Pelajaran 2010/2011 . Berdasarkan analisis data diperoleh thitung
= 4,300 sedangkan ttabel = 1,995 , ini berarti thitung > ttabel dengan koefisien
korelasi (r) sebesar 0,462 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,214.
2. Ada pengaruh yang positif dan signifikan cara belajar siswa terhadap hasil
belajar ekonomi siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 1 Terusan
Nunyai Tahun Pelajaran 2010/2011 . Berdasarkan analisis data diperoleh t hitung
= 5,404 sedangkan ttabel = 1,995 , ini berarti thitung > ttabel dengan koefisien
korelasi (r) sebesar 0,548 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,300.
3. Ada pengaruh yang positif dan signifikan perhatian orang tua dan cara belajar
siswa terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA
Negeri 1 Terusan Nunyai Tahun Pelajaran 2010/2011 . Berdasarkan analisis
data diperoleh Fhitung
= 24,855 sedangkan Ftabel = 3,133 ini berarti Fhitung >Ftabel dengan koefisien
korelasi (R) sebesar 0,653 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,426.Eva Rahmita Dewi 0743031014