Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:22:35ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-07-06T08:26:45Z2015-07-06T08:26:45Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10908This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/109082015-07-06T08:26:45ZSTRATEGI DINAS PENGELOLAAN PASAR KOTA BANDAR
LAMPUNG DALAM PEMBINAAN PEDAGANG KAKI LIMA
DI PASAR BAMBU KUNING Pembinaan Pedagang Kali Lima oleh pemerintah yang merupakan bagian dari
kebijakan publik, harus menimbulkan hasil sehingga dapat dinikmati oleh
kelompok sasaran. Oleh karena itu diperlukan strategi agar pembinaan tersebut
berorientasi pada kepentingan seluruh masyarakat. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah strategi Dinas Pengelolaan Pasar Kota
Bandar Lampung dalam Pembinaan PKL di Pasar Bambu Kuning? (2)
Bagaimanakah efektivitas strategi Dinas Pengelolaan Pasar Kota Bandar
Lampung dalam Pembinaan PKL di Pasar Bambu Kuning? (3) Bagaimanakah
rekomendasi strategi Dinas Pengelolaan Pasar Kota Bandar Lampung dalam
Pembinaan PKL di Pasar Bambu Kuning?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui strategi Dinas Pengelolaan
Pasar Kota Bandar Lampung dalam Pembinaan PKL di Pasar Bambu Kuning (2)
Untuk mengetahui efektivitas strategi Dinas Pengelolaan Pasar Kota Bandar
Lampung dalam Pembinaan PKL di Pasar Bambu Kuning (3) Untuk mengetahui
rekomendasi strategi Dinas Pengelolaan Pasar Kota Bandar Lampung dalam
Pembinaan PKL di Pasar Bambu Kuning.
Penelitian ini menggunakan tipe kualitatif. Informan penelitian terdiri dari pihak
Dinas Pengelolaan Pasar Kota Bandar Lampung, Satuan Polisi Pamong Praja
Bandar Lampung dan perwakilan PKL di Bandar Lampung. Pengumpulan data
dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Data selanjutnya dianalisis secara
kualitatif, dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Strategi Dinas Pengelolaan Pasar Kota Bandar
Lampung dalam pembinaan Pedagang Kaki Lima di Pasar Bambu Kuning
meliputi penyusunan rencana strategis pembinaan PKL, pelibatan perwakilan PKL
dan operasionalisasi strategi pembinaan PKL. (2) Strategi Dinas Pengelolaan
Pasar Kota Bandar Lampung dalam pembinaan Pedagang Kaki Lima di Pasar
Bambu Kuning adalah strategi yang efektif karena sesuai dengan tujuan yang
telah ditetapkan dalam Renstra Dinas Pengelolaan Pasar Kota Bandar Lampung
(3) Rekomendasi strategi dalam pembinaan PKL di Pasar Bambu Kuning adalah
menyiapkan suatu kondisi yang baik sebagai dasar perubahan status PKL tidak
terdaftar menjadi PKL terdaftar, menetapkan lokasi-lokasi yang sudah ditentukan
waktu atau daya dukung lingkungannya, membentuk atau memberdayakan
koperasi atau Persatuan PKL agar ikut berperan serta secara aktif dalam
Pembinaan PKL.LUCKY MEILANI 0746021039