Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:06:16ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-12-07T02:00:50Z2015-12-07T02:00:50Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15267This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/152672015-12-07T02:00:50ZEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL
RECIPROCAL TEACHING TERHADAP AKTIVITAS DAN
PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA
(Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Bandar Lampung Semester
Genap Tahun Pelajaran 2011/2012)Reciprocal Teaching adalah model pembelajaran yang menggunakan strategi pe-
mahaman prediksi, merangkum, menanyakan dan klarifikasi. Penelitian quasi eks-
perimen ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika
dengan model Reciprocal Teaching terhadap aktivitas dan pemahaman konsep
matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 26
Bandar Lampung T.P. 2011/2012. Pengambilan sampel penelitian menggunakan
teknik purposive sampling. Berdasarkan analisis data diperoleh, rata-rata pe-
mahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran Reciprocal
Teaching lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional
dan siswa yang aktif pada kelas yang menggunakan model Reciprocal Teaching
lebih dari 50%. Jadi, penerapan model Reciprocal Teaching efektif untuk
meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep matematika siswa.NIKI PUJARWATI 0813021041