Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:15:20ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-12-14T01:49:43Z2015-12-14T01:49:43Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15571This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/155712015-12-14T01:49:43ZANALISIS HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN
BERPIKIR KRITIS PADA MODEL PEMBELAJARAN PENEMUANMembangun kemampuan berpikir kritis sangat penting untuk kemajuan
ketrampilan berpikir siswa. Kemampuan tersebut dapat dibangun melalui
pembelajaran yang dirancang untuk memampukan siswa dalam memecahkan
masalah dan menemukan solusinya. Pembelajaran yang dapat digunakan antara
lain adalah pembelajaran inquiry dan discovery.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perbedaan hasil belajar siswa
yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran inquiry dan discovery,
(2) interaksi antara model pembelajaran penemuan dengan kemampuan berpikir
kritis siswa terhadap hasil belajar, (3) perbedaan hasil belajar siswa yang
pembelajarannya menggunakan model pembelajaran inquiry dan discovery pada
siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi, (4) perbedaan hasil belajar
siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran inquiry dan
discovery pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Terbanggi Besar. Sampel
penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas
XE dan XG sebagai sampel. Desain eksperimen pada penelitian ini menggunakan
desain faktorial. Teknik analisis data hasil belajar menggunakan analisis variansi
Two Way ANOVA (Anava Dua arah) dan Independent Sample T Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa
pada pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran inquiry dan
discovery, (2) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran penemuan dan
tingkat kemampuan berpikir kritis siswa terhadap peningkatan hasil belajar siswa,
(3) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan
pembelajaran inquiry dan pembelajaran discovery pada siswa yang memiliki
kemampuan berpikir kritis tinggi, (4) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang
pembelajarannya menggunakan pembelajaran inquiry dan pembelajaran discovery
pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah.DESRY YANTI SIHOTANG 0813022005