Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:48:01ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-12-18T07:21:42Z2015-12-18T07:21:42Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15788This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/157882015-12-18T07:21:42ZPENGEMBANGAN SIMULASI PERCOBAAN TETES MINYAK
MILLIKAN UNTUK SISWA KELAS XII IPA
SMA NEGERI 1 TERBANGGI BESARSebagian besar karakter materi fisika merupakan konsep-konsep abstrak atau tidak
dapat dilihat secara langsung oleh mata seperti tetes minyak millikan. Berdasarkan
observasi di kelas XII IPA SMA Negeri 1 Terbanggi Besar diketahui bahwa sikap
setuju siswa terhadap pembelajaran fisika sangat besar,yaitu lebih dari 50%,
namun kurangnya inovasi dalam pembelajaran menjadikan fisika kurang diminati
terlebih pada pembelajaran yang memiliki konsep abstrak seperti tetes minyak
millikan yang berakibat siswa kurang memahami materi tersebut. Hal ini karena
sulitnya mendapatkan alat percobaan tetes minyak millikan. Peran LKS yang
belum maksimalpun menjadi salah satu penyebab pembelajaran kurang efektif.
Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan yang diadaptasi
dengan tahapan: 1) Analisis Kebutuhan, 2) Identifikasi Sumber Daya, 3)
Identifikasi Spesifikasi Produk, 4) Pengembangan Produk, 5) Uji Internal, 6) Uji
Eksternal, dan 7) Produksi.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan menghasilkan
simulasi percobaan tetes minyak millikan beserta LKS berbasis inkuiri terbimbing
dalam menentukan pengaruh medan listrik terhadap kecepatan tetes minyak,
muatan listrik dan menunjukkan sifat diskrit dari muatan elektron yang menarik,
efektif dan memudahkan siswa berabstraksi. Kemenarikan diukur dengan
menggunakan angket kemenarikan yang berisi kesesuaian ilustrasi, huruf, desain
dan format keseluruhan simulasi. Keefektifan dilihat dari angket keefektifan dan
soal uji formatif. Memudahkan siswa berabstraksi diukur menggunakan angket
yang berisi kesesuaian siswa melihat peristiwa mikroskopis secara realistis.
Berdasarkan hasil penelitian, didapat bahwa produk yang dikembangkan telah
dilaksanakan uji internal dan eksternal. Didapat hasil bahwa simulasi percobaan
sangat menarik dengan persentase 52,63% atau rerata skor 3,40, sangat efektif
dengan persentase 36,84% atau rerata skor 3,29 dan sangat memudahkan siswa
berabstraksi dengan persentase 52,63% atau rerata skor 3,39. Dan hasil belajar
siswa 78,95% telah lulus melaksanakan pembelajaran menggunakan simulasi
percobaan beserta LKS dengan nilai KKM 72 dan persentase ketuntasan 75%.
Sehingga produk yang dikembangkan ini sangat efektif dan layak digunakan
sebagai media pembelajaran.SARAH MARDIYAH 0813022047