Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:00:07ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-05-18T06:43:09Z2016-05-18T06:43:09Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20855This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/208552016-05-18T06:43:09ZPENGARUH DISIPLIN BELAJAR,
AKTIVITAS BELAJAR DAN PERHATIAN
ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR
IPS TERPADU SISWA KELAS VIII
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN
2011/2012Hasil belajar adalah kemampuan anak yang diperoleh pada akhir proses
pembelajaran dan berkaitan dengan kemampuan siswa dalam menyerap atau
memahami suatu bahan yang telah diajarkan.
Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan di SMP Negeri 21 Bandar
Lampung diketahui bahwa secara keseluruhan hasil belajar siswa pada Mata
Pelajaran IPS Terpadu masih tergolong rendah, yaitu dari sebanyak 227 siswa,
hanya 78 siswa atau 34,36% yang mendapatkan nilai lebih dari 70. Dengan kata
lain, hanya 34,36% bahan pelajaran yang dikuasai oleh siswa atau masih dalam
kriteria rendah. Secara umum hal-hal yang mempengaruhi tinggi rendahnya hasil
belajar terbagi atas dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Diantara banyak
faktor yang dapat mempengaruhi atau berperan dalam pencapaian hasil belajar
siswa, diduga faktor-faktor disiplin belajar, aktivitas belajar dan perhatian orang
tua memiliki peranan penting.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh disiplin belajar,
aktivitas belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa
Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 21 Bandar Lampung Tahun Pelajaran
2011/2012.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Kelas VIII SMP Negeri
21 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 227 orang
dengan sampel 143 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah
metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Data
yang terkumpul melalui angket, diolah dengan komputer melalui program SPSS
versi 16. Untuk menguji hipotesis pertama, kedua, dan ketiga menggunakan
regresi linier sederhana, sedangkan hipotesis keempat menggunakan regresi
linier multiple.
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut.
1. Ada pengaruh yang positif dan signifikan disiplin belajar terhadap hasil
belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 21 Bandar
Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012 yang ditunjukkan oleh hasil uji regresi
linier sederhana diperoleh r²= 0,216 pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan
analisis data diperoleh t hitung = 6,235 sedangkan ttabel = 1,977, ini berarti
thitung > ttabel.
2. Ada pengaruh yang positif dan signifikan aktivitas belajar terhadap hasil
belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 21 Bandar
Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012 yang ditunjukkan oleh hasil uji regresi
linier sederhana diperoleh r²= 0,235 pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan
analisis data diperoleh t hitung = 6,569 sedangkan ttabel = 1,977, ini berarti
thitung > ttabel.
3. Ada pengaruh yang positif dan signifikan perhatian orang tua terhadap hasil
belajar IPS Terpadu siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 21 Bandar
Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012 yang ditunjukkan oleh hasil uji regresi
linier sederhana diperoleh r²= 0,241 pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan
analisis data diperoleh t hitung = 6,691 sedangkan ttabel = 1,977, ini berarti
thitung > ttabel.
4. Ada pengaruh yang positif dan signifikan disiplin belajar, aktivitas belajar dan
perhatian orang tua terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa Kelas VIII
Semester Ganjil SMP Negeri 21 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012
yang ditunjukkan oleh hasil uji regresi linier multiple diperoleh R²= 0,553,
pada taraf signifikansi 0,05 dengan Fhitung = 57,369 sedangkan Ftabel = 2,669,
ini berarti Fhitung >Ftabel.
Kata kunci: Disiplin Belajar, Aktivitas Belajar, Perhatian Orang Tua dan Hasil
Belajar IPS TerpaduGika Nugraha Pratama 0813031031