Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T22:06:14ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-11-05T06:38:27Z2015-11-05T06:38:27Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14385This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/143852015-11-05T06:38:27ZSTUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU (EKONOMI)
SISWA YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN
MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN SISWA YANG
MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT
(Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Bandar Lampung
Tahun Pelajaran 2011/2012)
ABSTRAK
Penelitian ini mengkaji tentang Studi Perbandingan Hasil Belajar IPS Terpadu (Ekonomi) Siswa yang Pembelajarannya Menggunakan Media Audio visual dengan Media Powerpoint pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Bandar Lampung. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektipan media audio visual dibandingkan media powerpoint dalam pencapaian hasil belajar IPS Terpadu (Ekonomi) pada siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VIII sebanyak 261 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 64 siswa terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data dengan observasi dan teknik tes. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test dua sampel independen.
Berdasarkan perhitungan t-test dengan menggunakan rumus separated varians terlihat bahwa thitung (2,231) > ttabel (1,99) berarti hipotesis penelitian diterima, yang menyatakan rata-rata hasil belajar IPS Terpadu siswa yang pembelajarannya menggunakan media audio visual lebih tinggi dibandingkan siswa yang pembelajarannya menggunakan media powerpoint.
Kata kunci : Hasil Belajar, Media Pembelajaran Audio visual, Media Pembelajaran Powerpoint.
Maya Hardiyanti Prasafitri 0813031038