Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:11:43ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-10-22T09:42:58Z2015-10-22T09:42:58Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13417This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/134172015-10-22T09:42:58ZUPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN PADA TATA TERTIB SEKOLAH
DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK POSITIVE REINFORCEMENT
PADA SISWA KELAS IX SMP SATYA DHARMA SUDJANA GUNUNG
MADU TAHUN PELAJARAN 2012/2013ABSTRAK
Masalah dalam penelitian ini adalah kedisiplinan siswa pada tata tertib sekolah
kurang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “apakah Positive Reinforcement
dapat meningkatkan disiplin pada tata tertib sekolah pada siswa kelas IX di SMP
Satya Dharma Sudjana Gunung Madu tahun ajaran 2012/2013?”. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan disiplin siswa pada tata tertib
sekolah dengan penggunaan Positive Reinforcemen pada siswa kelas IX di SMP
Satya Dharma Sudjana Gunung Madu tahun pelajaran 2012/2013.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen
dengan desain eksperimen one group pretest-posttest dengan subjek sebanyak
enam siswa kelas IX yang memiliki disiplin kurang dalam tata tertib sekolah.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi
partisipan dan wawancara sebagai pendukungnya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan terhadap tata tertib
peraturan sekolah dengan penggunaan teknik positive reinforcement pada siswa
kelas IX SMP Satya Dharma Sudjana Gunung Madu Tahun ajaran 2012/2013. hal
ini ditunjukkan dari hasil analisis data dengan menggunakan uji beda Wilcoxon,
hasil pretest dan posttest yang diperoleh nilai p = 0,026; p<0,05. Maka Ho ditolak
dan Ha diterima, yang artinya positif reinforcement dapat meningkatkan disiplin
pada siswa kelas IX SMP. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan
positive reinforcement dapat meningkatkan disiplin pada tata tertib peraturan
sekolah pada siswa kelas IX SMP Satya Dharma Sudjana Gunung Madu Tahun
Pelajaran 2012/2013.
Saran yang dapat diberikan adalah (1) kepada siswa, hendaknya meminta bantuan
guru BK untuk meningkatkan disiplin, sehingga dalam menjalankan kegiatan
sehari-hari di sekolah siswa tidak mengalami suatu hambatan. (2) kepada guru,
supaya dapat memberikan informasi kepada siswa mengenai pentingnya
kedisiplinan serta ikut berperan aktif dalam meningkatkan kedisiplinan siswa, (3)
Hendaknya dapat melakukan penelitian mengenai masalah yang sama yaitu
Cempaka Puri
disiplin, namun lebih mengkhususkan lagi ke treatment untuk merubah guru
sebagai faktor pendukung atau penghambat disiplin siswa.
Kata kunci: Disiplin Siswa, Teknik Positive ReinforcementCEMPAKA PURI 0813052003