Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:59:22ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-12-29T03:42:26Z2015-12-29T03:42:26Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16262This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/162622015-12-29T03:42:26ZPENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA
MENGGUNAKAN MEDIA REALIA PADA PEMBELAJARAN
IPS KELAS IV SDN 08 METRO SELATAN
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SDN 08 Metro Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan media realia di kelas IV SDN 08 Metro Selatan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui tiga siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes essay. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes yang kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media realia pada pembelajaran IPS kelas IV SDN 08 Metro Selatan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I (56,25%) siklus II (67,92%) dan siklus III (85,11%) dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 11,67% dan dari siklus II ke siklus III sebesar 17,19%. Sementara rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I (68,70), siklus II (75,03), dan siklus III (81,07) dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 6,33 dan dari siklus II ke siklus III sebesar 6,04.
Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, media realia
Edo Dwi Cahyo 0813053007