Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:20:43ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-09-07T04:39:01Z2015-09-07T04:39:01Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12178This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/121782015-09-07T04:39:01ZPENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK TWO STAY
TWO STRAY TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR
MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN 2 TANJUNG SARI
KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN
TAHUN PELAJARAN 2010/2011Berdasarkan pengamatan awal, aktivitas belajar siswa kelas V SDN 2 Tanjung
Sari khususnya mata pelajaran matematika pasif. Berdasarkan hasil belajar siswa,
diketahui bahwa nilai siswa yang tidak mencapai KKM 62 berjumlah 35.7%.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui
penerapan model cooperative learning teknik two stay two stray.
Metode penelitian ini, menggunakan metode penelitian tindakan kelas.
Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap meliputi:
perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan
refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes.
Pengumpulan data dalam E-TA ini digunakan dengan instrument berupa lembar
pengamatan aktivitas siswa dan kinerja guru dalam proses pembelajaran, sedangkan
untuk mengetahui hasil belajar siswa digunakan lembar evaluasi/tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model cooperative learning teknik two
stay two stray dapat meningkatkan aktivitas belajar dari siklus pertama 64.3% siswa
tidak aktif menjadi berkurang dan tinggal 10.7 % pada siklus kedua. Dan hasil belajar
siswa terdapat peningkatan dari siklus kesatu ke siklus kedua, semua siswa
memperoleh hasil belajar mencapai KKM. Agustriati 0813056101