Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T13:44:05ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-09-07T04:06:52Z2015-09-07T04:06:52Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12351This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/123512015-09-07T04:06:52ZMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA
PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V DENGAN
MENGGUNAKAN MODEL BERMAIN PERAN
SD NEGERI 2 KESUMAJ AYA
TAHUN PELAJARAN 2010/2011Penelitian Tindakan Kelas ini berawal dari latar belakang adanya
kesenjangan antara model pembelajaran yang digunakan guru dengan kejenuhan
siswa dalam mengikuti pembelajaran PKn, sehingga berdampak pada rendahnya
aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran PKn di Kelas V SDN 2
Kesumajaya Kecamatan Bekri Kabupaten Lampung Tengah dengan
menggunakan Model Bermain Peran.
Metode Penelitian, menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan
Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research). Penelitian Tindakan
Kelas yang diterapkan adalah dua siklus tindakan. Data diperoleh melalui
observasi dan tes yang dilaksanakan di akhir siklus. Data diolah dengan
menggunakan rumus : Nilai rata-rata = jumlah nilai dibagi dengan jumlah siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Bermain Peran
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil pembelajaran PKn. Hal ini ditunjukkan
dengan rata-rata prosentase aktivitas belajar siswa pada siklus pertama 66,6% dan
pada siklus kedua 88%, rata-rata hasil belajar siswa pada siklus pertama 6,75 dan
hasil pada siklus kedua 7,28.SABAR RIYANTO 0813056608