Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T15:42:16ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-14T03:18:30Z2016-01-14T03:18:30Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17356This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/173562016-01-14T03:18:30ZPENGEMBANGAN MODEL PERANGKAT PELAYANAN
KONSELING FORMAT KEGIATAN KLASIKAL
SEKOLAH MENENGAH PERTAMAABSTRAK.
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mengembangkan model perangkat
pelayanan konseling format kegiatan klasikal (2) mengetahui tingkat kesetujuan
penggunaan produk yang dikembangkan. Setelah menggunakan produk
pengembangan hasil penelitian ini guru bimbingan dan konseling dapat
melaksakan pelayanan konseling melalui format kegiatan klasikal yang
merupakan sebagaian dari tugas pokok dan fungsi guru bimbingan dan konseling
secara keseluruhan.
Metode penelitian dan pengembangan menggunakan model Borg & Gall dengan
lima langkah utama. Yang diawali (1) analisis kebutuhan, (2) perumusan tujuan
untuk menciptakan produk berupa perangkat pelayanan konseling format
kegiatan klasikal yang mengklaborasikan perpaduan sistematik penyusunan
perangkat pembelajaran dengan isi materi bimbingan dan konseling, (3) untuk uji
validasi menggunakan uji ahli kepada dosen sesuai bidangnya. (4) uji terbatas dan
(5) uji pengguna dari populasi guru bimbingan dan konseling Sekolah Menengah
Pertama Kabupaten Lampung Selatan dengan sampel beberapa guru bimbingan
dan konseling yang aktif di Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling
Kabupaten Lampung Selatan.
Hasil penelitian adalah (1) model perangkat pelayanan konseling format kegiatan
klasikal untuk guru bimbingan dan konseling, merupakan program atau pedoman
dalam melaksanakan sebagaian dari keseluruhan program pelayanan konseling,
(2) tingkat kesetujuan oleh pengguna adalah 85,33%. Berarti produk tersebut
dapat dinyatakan baik dan layak digunakan oleh guru bimbingan dan konseling
khususnya pada layanan orientasi, informasi, pemenuhan konten, penempatan dan
penyaluran serta kegiatan pendukung himpunan data yang dilakukan melalui
format kegiatan klasikal, sehingga pelaksanaannya akan terprogram, terarah, rutin
dan merata pada sasaran siswa asuh.
Kata kunci: Penelitian dan pengembangan, bimbingan dan konseling, klasikal.Kris Saptana 0823011104