Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:27:19ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-12-07T02:07:29Z2015-12-07T02:07:29Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15147This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/151472015-12-07T02:07:29ZPENGARUH METODE PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING
TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI
MOTIVASI BELAJAR SISWABerdasarkan penelitian yang dilakukan masih banyak guru yang menggunakan
pembelajaran konvensional sebagai alternatif yang sering digunakan di kelas
sehingga siswa sulit dalam menerima, merespon, serta mengembangkan materi
yang diberikan oleh guru. Sehingga motivasi siswa tidak berkembang. Penelitian
ini melihat pengaruh motivasi belajar dan hasil belajar siswa dari model
pembelajaran Reciprocal Teaching. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
besarnya pengaruh metode pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil
belajar fisika bila ditinjau dari motivasi belajar siswa. Penelitian ini telah
dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 di SMP Negeri 3
Bandar Lampung. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII pada
semester genap, sedangkan sampel yang diambil yaitu kelas VIII
A
pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive
sampling. Berdasarkan populasi yang terdiri dari 1 kelas diambil seluruhnya
sebagai sampel. Desain eksperimen pada penelitian ini menggunakan bentuk One-
Shot Case Study.
. Teknik
Andrey Hasan
Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan adalah adanya pengaruh
metode pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar dengan
peninjauan motivasi belajar siswa. Rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelas
yang menggunakan metode pembelajaran Reciprocal Teaching memiliki
pengaruh yang signifikan ditinjau dari motivasi belajar siswa. Dengan rata-rata
nilai hasil belajar sebesar 75,90 (kategori tinggi) dengan rincian: 0 siswa (0%)
memperoleh kategori cukup baik, 12 siswa (36,36%) memperoleh kategori baik,
dan 21 siswa (63,64%) memperoleh kategori sangat baik. Terdapat nilai
sumbangan pengaruh dari metode pembelajaran dan motivasi terhadap hasil
belajar siswa sebesar 87%.Andrey Hasan 0853022001