Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:02:33ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-12-07T01:59:27Z2015-12-07T01:59:27Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15299This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/152992015-12-07T01:59:27ZPERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPA MATERI FISIKA
MENGGUNAKAN MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI
DAN KOMUNIKASI (TIK) BAHASA INDONESIA
DAN BAHASA INGGRIS PADA SMP RSBI
DI KOTA METROBerdasarkan observasi yang dilakukan di SMP RSBI di kota Metro, diperoleh
informasi nilai hasil belajar yang kurang dari KKM yang menjadi standar sekolah
RSBI, yaitu 78 di SMP Negeri 4 Metro, dan 80 di SMP Negeri 1 Metro. Dugaan
sementara hal tersebut dikarenakan penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa
yang digunakan dalam pembelajaran, tak terkecuali pembelajaran IPA Fisika.
Penelitian ini membandingkan hasil belajar siswa menggunakan media TIK
bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
perbedaan rata-rata hasil belajar IPA materi fisika siswa menggunakan media TIK
bahasa Indonesia dan bahasa Inggris pada SMP RSBI di Kota Metro.
Penelitian ini telah dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2012/2013 di
SMP Negeri 4 Metro dan SMP Negeri 1 Metro di Kota Metro. Populasi penelitian
adalah seluruh siswa kelas VII, sedangkan sampel yang diambil yaitu kelas 7.A
(di SMP Negeri 4 Metro) dan 7.1 (di SMP Negeri 1 Metro) sebagai kelas
eksperimen 1 dan kelas 7B (di SMP Negeri 4 Metro) dan 7.5 (di SMP Negeri 1
Metro) sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengambilan sampel pada penelitian
Tri Lego Indah F N
ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Desain eksperimen pada penelitian
ini menggunakan bentuk Pre-Eksperimental Design dengan tipe One-Group
Pretest-Posttest Design.
Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan adalah ada perbedaan rata-
rata hasil belajar IPA materi fisika siswa yang menggunakan media TIK bahasa
Indonesia dengan yang menggunakan media TIK bahasa Inggris. Hal ini dapat
dilihat dari rata-rata nilai hasil belajar siswa dan N-Gain pada kelas yang
menggunakan media TIK bahasa Indonesia memiliki perbedaan yang tidak terlalu
signifikan dengan kelas yang menggunakan media TIK bahasa Inggris. Dengan
rerata nilai hasil belajar pada kelas eksperimen I sebesar 81, 46 (di SMP Negeri 4
Metro), dan 82, 29 (di SMP Negeri 1 Metro) sedangkan pada kelas eksperimen 2
sebesar 76, 88 (di SMP Negeri 4 Metro) dan 77, 29 (di SMP Negeri 1 Metro),
serta rerata N-Gain sebesar 0,76 dan 0,71 di kelas eksperimen 1, dan rerata N-
Gain sebesar 0,60 dan 0,69 di kelas eksperimen 2.TRI LEGO INDAH F N 0853022053