Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:43:04ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-04-06T04:10:16Z2015-10-20T07:50:20Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7947This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79472015-04-06T04:10:16ZPengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah
Pada Bank LampungAbstrak
Dunia perbankan saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Sehingga
tingkat persaingan dunia perbankan sekarang ini semakin ketat. Dengan bangkitnya
bank-bank asing dan bank-bank swasta maka persaingan sedikit demi sedikit akan
terasa berat. Menyikapi hal itu maka Bank Lampung mencari strategi yang baik untuk
menimbulkan loyalitas nasabahnya.
Masalah yang dihadapi Bank Lampung adalah sulitnya menimbulkan loyalitas
nasabah, sehingga perusahaan harus melakukan strategi pemasaran berupa
relationship marketing.
Permasalahan yang akan diteliti adalah apakah strategi relationship marekting yang
terdiri dari financial benefits, social benefits dan structural benefitsdapat
mempengaruhi loyalitas nasabah pada Bank Lampung dan program relationship
marketing mana yang paling dominan mempengaruhi loyalitas nasabah pada Bank
Lampung.
Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel mana
yang paling mempengaruhi loyalitas nasabah pada Bank Lampung.
Hipotesis yang diajukan “relationship marketingyang terdiri dari variable financial
benefits , social benefits dan structural benefitsberpengaruh secara signifikan pada
loyalitas nasabah Bank Lampung”.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Lampung yang sudah
membuka tabungan selama lebih dari satu tahun di Bank Lampung. Sampel dalam
penelitian ini sebanyak 100 responden.
Hasil analisis linear berganda membuktikan bahwa dapat diketahui pengaruh
financial benefits, social benefitdan stuctural benefitsterhadap loyalitas nasabah
sebesar R2 = 0,554 hal ini berarti sumbangan variabel X (financial benefits, social
benefitsdan structural benefits) berperan dalam mempengaruhi setiap variabel Y
(Loyalitas Nasabah) sebesar 55.4%. Sedangkan sisanya sebesar 41,7% dipengaruhi
oleh variabel lain yang tidak diidentifikasi dalam penelitian ini.
Saran yang dapat direkomendasikan dari hasil penelitian ini adalah Bank Lampung
dapat menggunakanfinancial benefits sebagai kunci untuk meningkatkan loyalitas
nasabah di Bank Lampung. Seperti ditambahnya pengundian tabungan sigermas yang
tadinya hanya dilaksanakan 1 kali dalam setahun mungkin ada baiknya dilaksanakan
2 kali dalam setahun.
Kata kunci : relationship marketing, loyalitas, Bank Lampung. Wenni Clara Kurnia 0911011168