Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:21:15ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-04-28T02:05:17Z2015-04-28T02:05:17Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9026This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90262015-04-28T02:05:17ZPENGATURAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU SATU PINTU
DALAM UPAYA MENINGKATKAN INVESTASI DI PROVINSI LAMPUNGAbstrak
Untuk dapat memberikan pelayanan yang transparan, perlakuan yang sama, mudah,
efisien, cepat, berkeadilan, akuntabilitas, dan kepastian hukum, diperlukan
pengaturan pelayanan perizinan secara terpadu satu pintu. Permasalahan dalam
skripsi ini adalah bagaimanakah pengaturan pelayanan perizinan terpadu satu pintu
dalam upaya meningkatkan investasi di Provinsi Lampung dan apakah faktor-faktor
penghambat dalam pelayanan perizinan terpadu satu pintu dalam upaya
meningkatkan investasi di Provinsi Lampung?
Pendekatan masalah menggunakan normatif empiris. Sumber data menggunakan data
primer dan data sekunder.Metode pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan
dan studi lapangan.Metode pengolahan data menggunakan seleksi data, klasifikasi
data dan sistematika data.Analisis data menggunakan analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengaturan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
(PTSP) di Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT)
diatur melalui Peraturan Gubernur Lampung No. 15 Tahun 2011 tentang Pelimpahan
Kewenangan di Bidang Perizinan dan Nonperizinan kepada BPMPPT Provinsi
Lampung. Dalam upaya meningkatkan investasi, BPMPPT menata PTSP Bidang
Penanaman Modal dengan meningkatkan fasilitas, sumber daya manusia dan sarana
prasarana. Faktor penghambat dalam pelayanan PTSP di Provinsi Lampung adalah
terbatasnya sumber daya manusia yang kompeten dalam PTSP, terjadi perbedaan
persepsi antara satu dengan yang lain, proses perizinan yang melibatkan satuan kerja
lainnya, serta fasilitas IT yang kurang maksimal. Di sarankan BPMPPT
meningkatkan sumber daya manusia yang berkompeten dalam PTSP, adanya
pemahaman yang sama terhadap aturan-aturan pelayanan PTSP, satuan kerja yang
memberikan rekomendasi dapat menempatkan sumber daya manusia nya di satu
tempat sehingga tidak memakan waktu yang lebih lama dan perlunya pengadaan IT
yang maksimal.
Abstract
To be able to give transparent service with equal treatment which is easy,
efficient, fast, fair, accountable and having legal certainty, one door integrated
permit service regulation is needed. The problem in this thesis is that how does
the one door integrated permit service in effort to improving investment in
Lampung province and what are inhibiting factors in one door integrated permit
service in effort to improving investment in Lampung province?
This research is classified as normative empirical approach. And conducted by
using primary and secondary data. Data were collected by literature study and
field study. These data were processed through data selection, data classification
and data systematization. Finally, were analyzed data is regulated by qualitative
analysis.
The results of research showed that the regulation of one door integrated service
(PTSP) in Board of investment and integrated permit service (BPMPPT) is
Governor Regulation number 15 in 2011 Authority Endorsement in Permit Field
and Non-permit Field to BPMPPT Lampung province. In efforts of improving
investment, BPMPPT is regulating PTSP of Investment Sector by improvement
facilities, human resources, structure and infrastructure. There are many factors
become obstacles in developing service conductury by PTSP such as; the lack of
human resources, the difference of perspective among the officer, permit process
involving sectoral unit, and last is the lack of IT facilities. Several
recommendation as follow: BPMPPT could be improve human resource
competence in PTSP, the same perspective against the rules of PTSP service, to
several unit to recommend or to place right human resources according to the
relevant unit so that the permit process would not take longer time, and to provide
optimum IT facilities.RAISA HARLY RUNIDA AGUSTINE 0912011229