Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:36:27ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-10-22T09:31:18Z2015-10-22T09:31:18Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13105This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/131052015-10-22T09:31:18ZFAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN GURU DALAM
MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN
BERANAH AFEKTIF DI SMP NEGERI 4
SEKAMPUNG LAMPUNG TIMUR Tujuan penelitian skripsi ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor Penyebab
kesulitan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran beranah afektif di SMP
Negeri 4 Sekampung Lampung Timur. Hal ini dilatar belakangi oleh ketertarikan
penulis terhadap pentingnya pembelajaran beranah afektif dimana tujuan
pebelajaran ini dapat mempengaruhi hasil dari pembelajaran beranah kognitif dan
psikomotor. Menilik sisi penting pembelajaran afektif dan secara faktanya
terdapat keengganan guru dalam menerapkan pembelajran afektif di sekolah, hal
ini menimbulkan pertanyaan adanya penyebab yang perlu dicari jawabannya.
Penelitian ini menggunakan teori pembelajaran afektif, tingkatan ranah afektif,
pengukuran ranah afektif, dan teori penilaian afektif. Metode yang digunakan
dalam penilitian ini adalah penelitian deskriptif dengan Sampel yang berjumlah 20
orang responden dengan menggunakan angket, dan tekhnik analisis dalam
penelitian ini dengan menggunakan Rumus persentase.
Hasil dari penelitian ini adalah, faktor intern sangat cendrung berperan terhadap
penyebab kesulitan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran afektif
sebanyak 50%, cukup berperan sebanyak 30%, dan sebanyak 20%, tidak berperan
terhadap penyebab kesulitan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran
afektif di SMP Negeri 4 Sekampung.
Faktor ekstren juga cendrung cukup berperan dalam menyebabkan kesulitan guru
dalam mengimplementasikan pembelajaran afektif, yang terdapat dalam faktor
pembinaan guru sebanyak 50% cukup berperan, sangat berperan 30%, dan
sebanyak 20 %, tidak berperan terhadap penyebab kesulitan guru dalam
mengimplementasikan pembelajaran afektif. Dari faktor sosialisasi cukup
berperan dalam menyebabkan kesulitan guru sebanyak 50%, sangat berperan
30%, dan sebanyak 20%, tidak berperan terhadap penyebab kesulitan guru dalam
mengimplementasikan pembelajran afektif dan dari faktor Penilaian afektif sangat
berperan terdapat 50%, cukup berperan 30%, dan 20%, mengatakan tidak
berperan terhadap penyebab kesulitan guru dalam mengimplementasikan
pembelelajaran beranah afektif di SMP N 4 Sekampung Lampung Timur. Rini Pangestuti 0913032066