Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T01:11:20ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-12-18T07:10:18Z2015-12-18T07:10:18Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15855This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/158552015-12-18T07:10:18ZUPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR
MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA
SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 11 BANDAR LAMPUNG
TAHUN PELAJARAN 2010-2011Aktivitas siswa yang rendah berdampak kepada hasil belajar siswa. Hasil belajar
fisika siswa pada semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011 kurang memuaskan.
Rendahnya aktivitas dan hasil belajar fisika pada kelas VIII dikarenakan guru
menggunakan model pembelajaran yang kurang tepat dalam proses pembelajaran
di kelas. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan dalam proses pembelajaran
sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu
pendekatan yang diharapkan mampu mengatasi masalah tersebut adalah
pendekatan keterampilan proses. Pendekatan keterampilan proses dipandang
sebagai suatu pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Karena pendekatan keterampilan proses merupakan serangkaian ilmiah.
Rangkaian kegiatan ilmiah tersebut meliputi perumusan masalah, perumusan
hipotesis, pengembangan suatu rencana kerja, pelaksanaan kegiatan kerja,
pengumpulan data dan penarikan kesimpulan. Rangkaian kegiatan tersebut
dilakukan agar siswa akan lebih memahami dan mampu yang diharapkan akan
meningkatkan hasil belajar dan lebih meningkatkan aktivitas belajar siswa untuk
menemukan dan mengembangkan sendiri fakta dan konsep.
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mendeskripsikan bagaimanakah
aktivitas siswa melalui pendekatan keterampilan proses pada materi pesawat
sederhana (2) Untuk mendeskripsikan bagaimanakah hasil belajar siswa melalui
pendekatan keterampilan prses pada materi pesawat sederhana. Penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). (1) Penerapan model pembelajaran
dengan pendekatan Keterampilan Proses yang dilaksanakan di kelas VIII SMPN
11 Bandar lampung, dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada setiap
siklusnya. Persentase rata-rata aktivitas siswa pada setiap siklus mengalami
peningkatan yang signifikan. Pada siklus I sebesar 50,25% siklus II persentase
meningkat 19,65% menjadi 69,9% dan pada siklus III persentase meningkat 8%
menjadi 77,9%. (2)Penerapan model pembelajaran langsung dengan pendekatan
keterampilan proses yang dilaksanakan di kelas VIII SMPN 11 Bandar Lampung,
F. Minuryati
dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa pada setiap siklusnya. Dilihat dari
rata-rata nilai kognitif siswa mengalami kenaikan yang signifikan, pada siklus I
rata-rata hasil belajar siswa 59,4, pada siklus II 66,8 dan pada siklus III sebesar
72,08. (3) Penerapan model pembelajaran langsung dengan pendekatan
keterampilan proses yang dilaksanakan di kelas VIII SMPN 11 Bandar Lampung,
dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa pada setiap siklusnya. Dilihat dari
persentase ketuntasan belajar siswa, siklus I sebesar 30,6% siklus II persentase
ketuntasan belajar meningkat sebesar 19,4% menjadi 50%; dan siklus III
persentase ketuntasan belajar meningkat sebesar 38,9 % menjadi 88,9 %.
Kata Kunci : Pendekatan Keterampilan Proses, aktivitas dan hasil belajarF. Minuriyati 0913061001