Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T16:50:26ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-08-14T03:47:48Z2015-08-14T03:47:49Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11567This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/115672015-08-14T03:47:48ZUPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA
MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE
JIGSAW PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
KELAS V SD NEGERI 5 METRO TIMUR
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Berdasarkan observasi awal, atas pembelajaran Matematika bagi siswa
kelas V di SD Negeri 5 Metro Timur diperoleh data aktivitas dan hasil belajar
siswa masih rendah khususnya mata pelajaran matematika, sebanyak 9 siswa atau
30% siswa tuntas dan 21 siswa atau 70% siswa belum tuntas, maka diperlukan
upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa tersebut. Untuk
mengatasi kondisi pembelajaran di atas peneliti menerapkan model pembelajaran
Kooperatif Tipe Jigsaw yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa pada pembelajaran matematika pada materi sifat-sifat bangun ruang.
Penelitian ini dilakukan pada 30 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 18 siswa
perempuaan pada semester 2 tahun pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan menggunakan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap
yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data
delakukan dengan lembar observasi siswa serta tes hasil belajar disetiap siklusnya.
Selanjutnya data dianalisis dengan cara analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran
Kooperatif Tipe Jigsaw dalam proses pembelajaran Matematika siswa kelas V SD
Negeri 5 Metro Timur dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal
ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 54,8
dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 64,3. Sedangkan nilai rata-rata
hasil belajar siswa pada siklus I adalah 58,7 dan mengalami peningkatan pada
siklus II menjadi 71,3. Ketuntasan siswa pada siklus I hanya mencapai 70% (21
siswa) dan meningkat pada siklus II menjadi 100% (30 siswa).
PAIRIN 0913099020