Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:25:45ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-09-07T04:40:15Z2015-09-07T04:40:15Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12379This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/123792015-09-07T04:40:15ZPENERAPAN MODEL COOPERATIVE TEPE STUDENS TEAMS
ACHIEVEMENS DEVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN
AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
KELAS IV A SD XAVERIUS METRO
TAHUN PELAJARAN 2011/2012 Kegiatan belajar mengajar di kelas IV A SD Xaverius Metro, khususnya pada
pelajaran metematika kurang berjalan maksimal. Hasil observasi menunjukkan
bahwa kualitas hasil belajar matematika masih di bawah KKM (65), untuk itu
diperlukan adanya upaya pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar matematika. Salah satu media yang dianggap tepat untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika dengan menggunakan
penerapan model cooperative tipe STAD dengan tujuan untuk meningkatkan
aktivitas dan prestasi belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua
siklus. Dan setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan
data aktivitas siswa, menggunakan lembar observasi dan data hasil belajar siswa
menggunakan tes.
Aktivitas dan hasil belajar dengan menggunakan model cooperative tipe STAD
menunjukkan peningkatan yang positif. Dalam aktivitas belajar pada siklus 1
mencapai 71,02% dan pada siklus 2 mencapai 91,83 %. Hasil belajar siklus 1
dengan nilai rata-rata 72,9 sedang pada siklus 2 nilai rata-rata 83,5, jadi ada
peningkatan, baik pada aktivitas dan hasil belajar siswa. V. EKO WINARSIH 0913099040