Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:42:05ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-14T03:26:02Z2016-01-14T03:26:02Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17285This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/172852016-01-14T03:26:02ZPENINGKATAN KEMAMPUAN PENULISAN NOTASI
BALOK MELALUI PENGGUNAAN PERALATAN KOMPONIS
PADA SISWA SMAN 9 BANDAR LAMPUNGAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan perencanaan pembelajaran,
pelaksanaan pembelajaran, sistem evaluasi, serta peningkatan kemampuan
penulisan notasi balok menggunakan peralatan komponis.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3
siklus. Siklus pertama menggunakan peralatan komponis berupa alat musik dan
kertas paranada. Siklus kedua menggunakan peralatan tambahan berupa
metronome. Siklus ketiga menggunakan software komputer untuk menulis notasi
balok yaitu program encore.
Kesimpulan analisis dari penelitian adalah (1) Perencanaan pada siklus 1 memperoleh
penilaian sebesar 3.69, siklus 2 memperoleh penilaian sebesar 4.14, dan siklus 3
memperoleh penilaian sebesar 4.64. (2) Aktivitas siswa kelas XI IPA 6 yang
tergolong aktif dalam pembelajaran pada siklus 1 sebanyak 19 siswa (59.38%), siklus
2 sebanyak 25 siswa (78.13%), dan siklus 3 sebanyak 28 siswa (87.50%). Sedangkan
aktivitas siswa kelas XI IPA 5 yang tergolong aktif dalam pembelajaran pada siklus 1
sebanyak 17 siswa (53.13%), siklus 2 sebanyak 24 siswa (75.00%), dan siklus 3
sebanyak 27 siswa (84.38%). (3) Sistem evaluasi menggunakan instrumen
penilaian non tes yang mengacu pada indikator penilaian yang telah divalidasi
oleh tiga orang reter. Hasil penghitungan reliabilitas yang didapat adalah 0.857.
(4) Peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPA 6 dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar
11.07%, dari siklus 2 ke siklus 3 meningkat sebesar 19.24%. Sedangkan pada
siswa kelas XI IPA 5 dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 6.34%, dari siklus 2 ke
siklus 3 meningkat sebesar 13.68%.
Abstract
This study aims to describe the learning plan, learning implementation, evaluation
systems, and improvement of writing skills using the beam notation composer
equipment.
This study uses classroom action research conducted in 3 cycles. The first cycle of
useof equipment and composer of musical stave paper. The second cycle uses
ametronome additional equipment. The third cycle using computer software to
write the program encore notation beam.
Conclusion The analysis of the study were (1) Planning in cycle 1 obtained rating
of 3.69, cycle 2 obtained a rating of 4:14, and cycle 3 obtained a rating of 4.64. (2)
Activities student XI IPA 6, which pertained active in learning the cycle 1 were
19 students (59.38%), cycle 2 as many as 25 students (78.13%), and cycle 3 as
many as 28students (87.50%). While the activities of student XI IPA 5, which is
active in the learning belonging to the cycle 1 consisted of 17 students (53.13%),
cycle 2 were 24 students (75.00%), and cycle 3 as many as 27 students (84.38%).
(3) evaluation system using non test assessment instruments which refers to the
assessment indicators that have been validated by three reter. Reliability
calculation results obtained is 0857. (4) Improving learning outcomes student XI
IPA 6 of cycle 1 to cycle 2 at 11:07%, from cycle 2 tocycle 3 an increase of
19:24%. While in class XI IPA 5 of cycle 1 to cycle 2 at 6:34%, from cycle 2 to
cycle 3 increased by 13.68%.DONI DHIMAS PRASETIYO 0923011017