Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:18:26ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-12-18T07:09:33Z2015-12-18T07:09:33Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15859This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/158592015-12-18T07:09:33ZMENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN HASIL
BELAJAR FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN METODE INKUIRI
TERBIMBING TEKNIK PICTORIAL RIDDLE
(PTK di Kelas VIII A SMPN 8 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2010/2011)Rendahnya hasil belajar fisika siswa di SMP Negeri 8 Bandar Lampung pada
semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 disebabkan oleh kurangnya kreativitas
siswa. Kreativitas siswa dapat dibangun dari berbagai kegiatan yang salah
satunya adalah keterampilan generik sains. Selama ini guru pada umumnya
mengajar fisika belum menerapkan keterampilan generik sains, sedangkan dalam
pembelajaran fisika diperlukan kemampuan berpikir tingkat tinggi untuk
memahami pelajaran fisika. Tidak diterapkannya keterampilan generik sains
menyebabkan siswa kurang menyukai pelajaran fisika. Penerapan keterampilan
generik sains dalam pembelajaran aktif, siswa dibimbing melakukan berbagai
macam kegiatan yang membuat siswa dilibatkan langsung dalam pembelajaran
dengan menerapakn keterampilan proses sains dengan metode inkuiri terbimbing
sehingga materi yang disampaikan lebih mudah diterima siswa.
Elisna Siboro
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk
mendeskripsikan cara meningkatkan dan hasil peningkatan keterampilan generik
sains siswa dan hasil belajar dengan menerapkan metode pembelajaran inkuiri
terbimbing teknik pictorial riddle.
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keterampilan generik sains dan
hasil belajar dari siklus ke siklus. Setelah dilakukan analisis data, diketahui
bahwa pada siklus I rata-rata keterampilan generik sains siswa adalah 55,67
dengan kategori ”keterampilan generik sains cukup baik”, kemudian pada siklus II
meningkat sebesar 11,48% menjadi 68,23 dengan kategori ” keterampilan generik
sains baik”, dan pada siklus III rata-rata keterampilan generik sains siswa kembali
meningkat sebesar 9,72% menjadi 77,95 dengan kategori ” keterampilan generik
sains baik”. Rata-rata hasil belajar siswa pada silkus I adalah 60,42 dengan
kategori ”Tidak Tuntas”, kemudian pada siklus II meningkat sebesar 12,22%
menjadi 72,64 dengan kategori ”Tuntas”, dan pada siklus III rata-rata hasil belajar
kembali meningkat sebesar 9,30% menjadi 81,94 dengan kategori ”Tuntas”.
Berdasarkan analisis data hasil penelitian diketahui bahwa penerapan
pembelajaran metode inkuiri terbimbing teknik pictorial riddle dapat
meningkatkan keterampilan generik sains dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Inkuiri terbimbing, pictorial riddle, keterampilan, generik sains, dan
hasil belajar siswa.ELISNA SIBORO 1013061007