Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T19:57:32ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-26T05:01:34Z2016-01-26T05:01:34Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20456This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/204562016-01-26T05:01:34ZPaya Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Tutor
Sebaya Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Di Kelas VIII Semester Ganjil SMP
Nusantara Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran IPS Ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Nusantara Bandar
Lampung yang memiliki karakteristik hasil belajar yang masih rendah. Selama
proses pembelajaran keterlibatan siswa masih kurang, pasif, dan kurangnya variasi
dalam menggunakan metode atau model pembelajaran sehingga perlu dilakukan
oleh guru untuk menerapkan pembelajaran yang efektif melalui metode
pembelajaran Tutor Sebaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus meliputi
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik tes dan observasi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1)Bagaimanakah penerapan
metode pembelajaran tutur sebaya pada mata pelajaran IPS Ekonomi di kelas VIII
semester ganjil SMP Nusantara Bandar Lampung 2010 / 2011 ? (2) Bagaimana
hasil belajar IPS Ekonomi siswa setelah menggunakan Metode Pembelajaran
Tutor Sebaya di kelas VIII semester ganjil SMP Nusantara Bandar Lampung 2010
/ 2011?
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Rata-rata persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu sebesar
64.16%, pada siklus II yaitu sebesar 69.17%, dan pada siklus III yaitu sebesar
74.17.
2. Persentase nilai rata-rata siswa pada siklus I menunjukan persentase
ketuntasan sebesar 60% , pada siklus II persentase ketuntasan sebesar 61.83%
dan pada siklus III persentase ketuntasan sebesar 68.00%. Berdasarkan hasil
penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dalam pembelajaran dengan
menggunakan penerapan metode pembelajaran tutor sebaya dapat
meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya.Farida 10130630032015-11-20T02:08:02Z2015-11-20T02:08:02Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14618This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/146182015-11-20T02:08:02ZPaya Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Tutor
Sebaya Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Di Kelas VIII Semester Ganjil SMP
Nusantara Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran IPS Ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Nusantara Bandar
Lampung yang memiliki karakteristik hasil belajar yang masih rendah. Selama
proses pembelajaran keterlibatan siswa masih kurang, pasif, dan kurangnya variasi
dalam menggunakan metode atau model pembelajaran sehingga perlu dilakukan
oleh guru untuk menerapkan pembelajaran yang efektif melalui metode
pembelajaran Tutor Sebaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus meliputi
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik tes dan observasi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1)Bagaimanakah penerapan
metode pembelajaran tutur sebaya pada mata pelajaran IPS Ekonomi di kelas VIII
semester ganjil SMP Nusantara Bandar Lampung 2010 / 2011 ? (2) Bagaimana
hasil belajar IPS Ekonomi siswa setelah menggunakan Metode Pembelajaran
Tutor Sebaya di kelas VIII semester ganjil SMP Nusantara Bandar Lampung 2010
/ 2011?
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Rata-rata persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu sebesar
64.16%, pada siklus II yaitu sebesar 69.17%, dan pada siklus III yaitu sebesar
74.17.
2. Persentase nilai rata-rata siswa pada siklus I menunjukan persentase
ketuntasan sebesar 60% , pada siklus II persentase ketuntasan sebesar 61.83%
dan pada siklus III persentase ketuntasan sebesar 68.00%. Berdasarkan hasil
penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dalam pembelajaran dengan
menggunakan penerapan metode pembelajaran tutor sebaya dapat
meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya.Farida 1013063003