Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:34:39ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-04-28T02:31:21Z2015-10-19T07:09:53Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8863This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88632015-04-28T02:31:21ZUPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN ROLL BELAKANG MELALUI
BANTUAN GURU DAN KAWAN PADA SISWA KELAS V
SDN 1 PESAWARAN KEDONDONG Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan memperbaiki keterampilan guling
belakang (back roll) menggunakan bantuan guru dan siswa pada siswa kelas V SD
Negeri 1 Pesawaran Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action
Research) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Pesawaran
Kecamatan Kedondong yang berjumlah 24 siswa, dengan perincian 12 laki-laki dan 12
perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dengan
menggunakan instrumen penilaian tes keterampilan gerak roll belakang.
Hasil penelitian menunjukkan: setiap siklus adanya perbaikan hasil belajar roll
belakang, dan bila dilihat dari KKM pada tes awal diperoleh prosentase keberhasilan
ketuntasan belajar sebesar 54,15%, pada siklus kesatu diperoleh prosentase
keberhasilan ketuntasan belajar 75%, ternyata dapat meningkatkan kemampuan gerak
dasar roll belakang secara signifikan dan pada siklus kedua diperoleh prosentase
keberhasilan ketuntasan belajar 85,33%, berdasarkan nilai rerata untuk meningkatkan
hasil pembelajaran harus diberi perlakuan yang sesuai dengan metode yang telah
ditetapkan. Hasil peningkatan ≥ 50% itu artinya hasil pembelajaran roll belakang
dengan bantuan guru dan teman menunjukan telah terjadi peningkatan. Dengan kata
lain dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kayang pada siswa kelas V SD Negeri 1
Pesawaran sangat efektif setelah menggunakan bantuan guru dan siswa. LAINAWATI 1013068043