Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:39:54ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-04-28T02:17:51Z2015-10-19T07:10:52Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8844This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88442015-04-28T02:17:51ZUPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN ROLL BELAKANG
MENGGUNAKAN ALAT BANTU PADA SISWA KELAS V
SDN 3 GEDUNG AIR TANJUNGKARANG BARATPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan memperbaiki keterampilan
guling belakang (back roll) menggunakan alat bantu pada siswa kelas V SD
Negeri 3 Gedung Air Kecamatan Tanjungkarang Barat Bandar Lampung.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom
Action Research) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 3
Gedung Air Kecamatan Tanjungkarang Barat yang berjumlah 20 siswa, dengan
perincian 8 laki-laki dan 12 perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data
dilakukan melalui observasi dengan menggunakan instrumen penilaian tes
keterampilan gerak belakang.
Hasil penelitian menunjukkan: setiap siklus adanya perbaikan hasil belajar roll
belakang, dan bila dilihat dari KKM pada tes awal diperoleh prosentase
keberhasilan ketuntasan belajar sebesar 20,00%, pada siklus kesatu diperoleh
prosentase keberhasilan ketuntasan belajar 60,00%, ternyata dapat meningkatkan
kemampuan gerak dasar roll belakang secara signifikan dan pada siklus kedua
diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar 85,00%, berdasarkan nilai
rerata untuk meningkatkan hasil pembelajaran harus diberi perlakuan yang sesuai
dengan metode yang telah ditetapkan. Hasil peningkatan ≥ 50% itu artinya hasil
pembelajaran roll belakang dengan alat bantu yang digunakan menunjukan telah
terjadi peningkatan.
Dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa pembelajaran roll belakang pada siswa
kelas V SD Negeri 3 Gedungair sangat efektif setelah menggunakan alat bantu
berupa kardus dan kawannya sendiri.SANUSI 1013068043