Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:27:05ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-26T05:01:41Z2016-01-26T05:01:41Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20458This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/204582016-01-26T05:01:41ZPENINGKATAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA
PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN
MEDIA AUDIO DI KELAS V SD NEGERI 1 GUNUNG SULAH
BANDAR LAMPUNG
TAHUN PELAJARAN 2010/2011Berdasarkan pengalaman mengajar penulis, kemampuan murid dalam
menjelaskan pelajaran IPS masih rendah. Nilai rata-rata kelas pada tes formatif
maupun sumatif selama 3 tahun terakrir ini masih kurang dari angka enam. Hal ini
disebabkan selain karena kurang akifnya siswa dalam mengikuti pelajaran, siswa
juga malu atau enggan bertanya kepada guru mengenai hal-hal yang belum
dimengerti di kelas. Untuk meningkatkan prestasi belajar IPS dan partisipasi
siswa dalam kegiatan belajar mengajar pelajaran IPS, guru diharapkan dapat
menggunakan media/alat peraga audio dalam proses belajar mengajar di kelas
secara aktif.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan
menggunakan media audio sehingga meningkatkan prestasi belajar IPS bagi
murid kelas V SDN I Gunung Sulah Bandar Lampung.
Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis
deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai tes setelah
siklus 1, nilai tes setelah siklus 2, dan nilai tes setelah siklus 3. Selain
menggunakan analisis deskriptif, penelitian ini juga menggunakan metode analisis
deskriptif kualitatif terhadap prestasi observasi dan refleksi dari tiap-tiap siklus.
Hasil analisa data menunjukkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan
media audio pada siswa kelas V SD Negeri 1 Gunung Sulah dapat meningkatkan
prestasi belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas belajar antara
siklus I dan siklus II meningkat dari 67% menjadi 89%. Nilai rata-rata hasil
belajar siswa siklus I dengan nilai rata-rata pada siklus II meningkat dari 5,0
menjadi 9,0.
Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa adanya
peningkatan prestasi belajar IPS dengan menggunakan media audio. Maka guru
hendaknya menggunakan alat peraga dalam pembelajaran IPS baik untuk
menanamkan konsep kepada murid maupun variasi dalam mengajar.DORLINA SITANGGANG 1013069019