Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:21:45ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-09-07T03:58:13Z2015-09-07T03:58:13Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12239This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/122392015-09-07T03:58:13ZMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN
MEDIA LINGKUNGAN DALAM PELAJARAN TEMATIK PADA SISWA
KELAS I DI SD NEGERI 2 SAWAH LAMA
Berdasar observasi penulis pada peserta didik kelas I SD Negeri 2 Sawah
Lama Kecamatan Tanjung Karang Timur Bandar Lampung berjumlah 24 siswa.
Untuk pembelajaran Tematik ada 16 orang siswa yang tidak bisa menghitung
penjumlahan dan 8 orang siswa yang bisa menghitung penjumlahan. Tujuan penelitian
ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Tematik pada operasi hitung
penjumlahan dan pengurangan.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak
tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan
pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas I. Data yang
diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami
peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (33,33%), siklus II (70,83%),
siklus III (91,66%).
Simpulan dari penelitian ini adalah metode belajar menggunakan media
lingkungan dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa serta model
pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran
matematika.HIJIRIAH 1013069054