Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T22:46:58ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-08-14T03:45:04Z2015-08-14T03:45:04Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11571This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/115712015-08-14T03:45:04ZMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI METODE DEMONSTRASI
DAN METODE LATIHAN PADA SISWA KELAS IV
S D N E G E R I 1 S U M B E R A G U N G
TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012 Proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV SD Negeri 1 Sumber
Agung belum mencapai nilai 60 dari 30 siswa. Guru hanya mengandalkan satu
sumber buku sebagai bahan ajar dan menerapkan materi pelajaran dengan
berceramah. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa oleh guru dibutuhkan
penggunaan metode pembelajaran yang tepat.
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan
menggunakan metode demonstrasi dan metode latihan pada pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam siswa kelas IV SD Negeri 1 Sumber Agung.
Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri
dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan,
tahap pelaksanaan, tahap observasi dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai siswa kelas IV
se-Negeri 1 Sumber Agung. Pada siklus I siswa yang mendapat nilai < 60
berjumlah 20 siswa (66,67%) dan yang mendapatkan nilai > 60 berjumlah 10
siswa (33,33%). Pada siklus II, hasil belajar siswa menunjukkan nilai < 60
berjumlah 4 siswa (13,33%) dan yang mendapat nilai > 60 berjumlah 26 siswa
(86,67%) dan mengalami peningkatan sebesar 20%. Dari hasil tersebut dapat
dilihat bahwa hasil belajar siswa pada siklus II sudah meningkat sangat signifikan
dibandingkan hasil belajar siswa pada siklus I.
JULITA 1013069062