Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:12:50ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-12-18T07:09:42Z2015-12-18T07:09:42Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15865This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/158652015-12-18T07:09:42ZUPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA
PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI PEMBELAJARN
KOOPERATIF TIPE STAD TAHUN PELAJARAN 2010/2011
(PTK di Kelas VII SMP Negeri 1 Sidomulyo, Pada Materi Gerak)Aktivitas siswa yang rendah berdampak kepada hasil belajar siswa. Hasil belajar
fisika siswa pada semester ganjil tahun pelajaran 2010-2011 kurang memuaskan.
Dari penjelasan di atas, rendahnya aktivitas dan hasil belajar fisika pada kelas VII
di SMPN 1 Sidomulyo rendah dikarenakan guru menggunakan model
pembelajaran yang kurang tepat dalam proses pembelajaran di kelas. Oleh karena
itu, perlu adanya perbaikan dalam proses pembelajaran sehingga dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran
yang diharapkan mampu mengatasi masalah tersebut adalah model pembelajaran
kooperatif tipe STAD.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar
siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD Pada materi IPA, dan
mendeskripsikan hasil belajar siswa mealui pembelajaran kooperatif tipe STAD
pada materi IPA. Penelitian ini adalah Penelitian Tidakan Kelas (PTK).
Supriyanto
(1) Aktivitas siswa ditingkatkan dengan cara memberikan materi dan membagi
siswa dalam kelompok, kemudian guru meminta siswa untuk saling berdiskusi
dalam kelompoknya . Pada kegiatan ini Aktivitas siswa ditingkatkan dengan
memberikan lembar kerja kelompok dengan melakukan percobaan sederhana.
(2) Hasil belajar siswa ditingkatkan dengan cara memberikan memberikan lembar
kerja kelompok pada saat melakukan eksperimen, dan memberikan latihan soal
mengenai kegiatan yang sudah dilakukan. (3) Penerapan model pembelajaran
dengan pendekatan Kooperatif tipe STAD yang dilaksanakan di kelas VII SMPN
1 Sidomulyo, dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada setiap siklusnya.
Persentase rata-rata aktivitas siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan
yang signifikan. Pada siklus I sebesar 50,25% siklus II persentase meningkat
19,65% menjadi 69,9% dan pada siklus III persentase meningat 8% menjadi
77,9%. (4) Penerapan model pembelajaran langsung dengan pendekatan
Kooperatif tipe STAD yang dilaksanakan di kelas VII SMPN 1 Sidomulyo, dapat
meningkatkan hasil belajar fisika siswa pada setiap siklusnya. Dilihat dari ratarata hasil belajar siswa mengalami kenaikan yang dignifikan, pada siklus I ratarata hasil belajar siswa 59,4, pada siklus II 66,8 dan pada siklus III sebesar 72,08.
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, aktivitas dan hasil belajarSupriyanto 1013071009