Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T13:25:53ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-14T02:39:51Z2016-01-14T02:39:51Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17436This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/174362016-01-14T02:39:51ZPENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK
DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LAGU PADA SISWA
KELAS IX SEMESTER GANJIL SMP 17.3 KATIBUNG
KABUPATEN LAMPUNG SELATAN
TAHUN PELAJARAN 2011/2012Abstrak
Penelitian ini merupakan Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek
dengan Menggunakan Media Lagu pada Siswa Kelas IX SMP 17.3 Katibung Kabupaten Lampung Selatan yang dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap
siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengobservasian, dan refleksi. Pada
siklus I setiap siswa menulis cerita pendek dengan lagu yang mereka senangi.
Aspek yang dinilai pada setiap siklus adalah aktivitas siswa dan guru. Hasil
evaluasi pada siklus I menunjukkan ketidak berhasilan, dikarenakan aktivitas dan
prestasi belajar siswa belum optimal. Pada siklus II dalam proses pembelajaran
dan latihan menulis cerita pendek guru memberikan media yang lebih menarik,
yaitu media audio visual yang berupa proyektor, seperangkat komputer dan kaset
VCD.(video compact disk) Hasil evaluasi siklus II menunjukkan bahwa prestasi
belajar siswa meningkat karena sesuai dengan indikator kerja yang menyatakan
penelitian tindakan kelas berhasil, jika hasil belajar siswa mencapai kriteria
ketuntasan klasikal sebesar 75%.
Hasil penelitian kemampuan menulis cerita pendek pada setiap siklus terdapat peningkatan. Prasiklus siswa yang sudah mencapai KKM hanya 7 orang dengan
persentase 23,33%, siswa yang belum mencapai KKM 23 orang dengan
persentase 76,66%. Siklus I yang menapat nilai dengan kategori baik yaitu 3
orang siswa dengan presentase 6,66%, siswa yang mendapat nilai dengan kategori
cukup adalah 15 siswa dengan presetase 10%, dan siswa yang mendapat nilai
dengan kategori kurang sebanyak 12 siswa dengan presentase 40% dibandingkan
dengan prasiklus mengalami kenaikan. Pada siklus II seluruh siswa telah
mencapai nilai KKM, yaitu 8 orang siswa dengan kategori nilai baik sekali, 9
siswa yang mendapat nilai baik, dan 13 siswa mendapat nilai cukup. Hasil yang
diperoleh mengalami peningkatan dari prasiklus ke siklus I meningkat 26,67%,
sedangkan dari prasiklus ke siklus II sebesar 56,667%.
Hasil evaluasi menunjukkan bahwa media lagu dapat meningkatkan kemampuan
siswa dalam menulis cerita pendek pada siswa kelas IX SMP 17.3 Katibung Lampung Selatan sehingga mencapai tujuan yang telah ditetapkan, yaitu tercapainya
KKM sekolah untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia 65,00. Siti Alpiyah 1013076009