Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:06:48ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-09-07T04:40:42Z2015-09-07T04:40:42Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12415This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/124152015-09-07T04:40:42ZUPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DENGAN
METODE SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS IV SD
NEGERI I TRIMULYO KECAMATAN TANJUNG
BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN
TAHUN PELAJARAN 2011/2012Pembelajaran PKn di kelas IV SD Negeri I Trimulyo tahun pelajaran
2011/2012 masih belum melibatkan peran siswa secara optimal. Hal
tersebut menjadi salah satu penyebab rendahnya aktivitas dan hasil belajar
siswa. Salah satu pendekatan untuk mengatasi permasalahan tersebut,
melalui penelitian tindakan kelas dengan metode sosiodrama. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar PKN
siswa kelas IV SD Negeri I Trimulyo, melalui implementasi metode
sosiodrama.
Penelitian dilaksanakan menggunakan desain penelitian tindakan kelas
dengan tahapan, 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) Observasi/evaluasi, dan 4)
refleksi. Dalam penelitian ini terdiri dari III siklus, setiap siklus 2 x
pertemuan. Data yang diambil meliputi nilai aktivitas belajar siswa
menggunakan lembar Observasi, dan data hasil belajar siswa. Pengelolaan
pembelajaran oleh guru menggunakan lembar observasi kinerja guru.
Hasil penelitian, (a) nilai rata-rata aktivitas siswa mengalami
peningkatan dengan hasil 59,33% (siklus I), 69,74% (siklus II), dan 78,33%
(siklus III); (b) nilai rata-rata kinerja guru meningkat dengan hasil 62,5%
(siklus I),75,84% (siklus II), dan 81,67% (siklus III); (c) nilai rata-rata hasil
belajar siswa yang mencapai KKM meningkat dengan hasil 50% (siklus I ),
66,66% (siklus II), dan 83,33% (siklus III). Artinya, pembelajaran PKn
dengan metode sosiodrama dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa.DWI YATI 1013079023