Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:39:09ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-12-07T02:00:02Z2015-12-07T02:00:02Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15307This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/153072015-12-07T02:00:02ZPENINGKATANAKTIVITAS DANHASIL BELAJARSISWA DENGAN MODEL
PEMBELAJARAN INQUIRY PADA TEMA KELUARGA
BAGI SISWA KELAS III SDS SWADHIPA BUMISARI
KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG
SELATAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013Pembelajaran Tematik IPS di kelas III SDS Swadhipa Bumisari Kecamatan Natar,
berdasarkan pengamatan peneliti dan guru kelas, masih berpusat pada guru yang menekankan
pada pemberian contoh-contoh secara lisan maupun tulisan dan belum memperhatikan
bagaimana siswa memperoleh sendiri pengetahuannya sehingga siswa kurang aktif dalam
pembelajaran IPS dan juga sebagian siswa mendapat nilai di bawah nilai KKM yang telah
ditetapkan yaitu 66.
Tujuan penelitian untuk peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS menggunakan metode
inquiry siswa kelas III SDS Swadhipa Bumisari Natar. Prosedur penelitian yang digunakan
berbentuk siklus, yang terdiri dari empat kegiatan pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan,
observasi dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan inquiry rata-rata dapat
meningkatkan aktivitas belajar siswa. Aktivitas pada siklus I 6,37 meningkat menjadi 7,40
pada siklus I pertemuan II. Demikian juga hasil belajar siswa pada siklus II rata-rata sebesar
6,52 dan meningkat pada siklus II pertemuan II menjadi rata-rata 8,40.P A R T I N I 1013079085