Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T11:18:20ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-12-07T02:15:55Z2015-12-07T02:15:55Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15092This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/150922015-12-07T02:15:55ZPENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA
MENGGUNAKAN MEDIA GRAFIS PADA SISWA KELAS
IV SDN 4 PARDASUKA KECAMATAN KATIBUNG
KABUPATEN LAMPUNG SELATAN
TAHUN PELAJARAN 2011/2012Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA pada
siswa kelas IV SDN 4 Pardasuka Kecamatan Natar. Tujuan penelitian ini yaitu
untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam Pembelajaran IPA
dengan menggunakan media grafis di SDN 4 Pardasuka Kecamatan Katibung.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau classroom action
research. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap
yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media grafis dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut terlihat dari aktivitas
prasiklus yaitu 62,71 menjadi 66,79 pada siklus 1, dan 68,75 pada siklus 2.
Aktivitas belajar siswa meningkat 6.04 dari aktivitas prasiklus hingga siklus 2.
Hasil belajar siswa juga meningkat. Dari nilai rata-rata prasiklus 54.58 menjadi
58,125 pada siklus 1, dan 62,5 pada siklus 2. Peningkatan hasil belajar siswa dari
prasiklus hingga siklus 2 sebesar 7.92. Peningkatan hasil belajar siswa dapat juga
terlihat dari ketuntasan belajar siswa 41.67% pada prasiklus 41.67% menjadi 75%
pada siklus 2. Sehingga ketuntasan belajar meningkat 33.33% dari prasiklus
hingga siklus 2.Leli Amrina 1013079225