Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:06:21ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-10-22T09:56:24Z2015-10-22T09:56:24Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13638This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/136382015-10-22T09:56:24ZPENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
MELALUI COOPERATIVE LEARNING TYPE
STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS
SISWA KELAS IV SDN 4 JATIMULYO
TAHUN PELAJARAN 2012/2013ABSTRAK
Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti, menunjukan masih
rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 4 Jatimulyo,
oleh karena itu, perlu perbaikan pembelajaran melalui penelitian untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika dengan menggunakan model
cooperative learning type student team achievement divisions (STAD).
Penelitian ini menggunakan peneltian tindakan kelas yang dilaksanakan
sebanyak 3 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,
observasi dan refleksi. Teknik analisis data dalam bentuk analisis kualitatif dan
kuantitatif.
Perbaikan pembelajaran dengan model cooperative learning tipe STAD
menunjukan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase rata-rata
aktivitas siswa pada siklus I 50,94% (cukup aktif), siklus II 85,44% (sangat aktif),
sementara rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I (50,08). Siklus II (86,96)
dengan KKM ≥ 50.
Kata kunci: model cooperative learnning tipe STAD, aktivitas siswa dan hasil
belajarSopiyah 1013079281