Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:46:07ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-11-26T04:02:33Z2015-11-26T04:02:33Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14797This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/147972015-11-26T04:02:33ZPENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD
DALAM PEMBELAJARAN IPS
( PTK Pada Siswa Kelas V SD Negeri 5 Metro Barat Semester Ganjil Tahun
Pelajaran 2012/2013 )
ABSTRAK
Aktivitas dan hasil belajar siswa SD Negeri 5 Metro Barat masih rendah. Pembelajaran masih konvensional sehingga pembelajaran kurang menarik dan membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan model Cooperative learning tipe STAD. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Alat pengumpulan data berupa instrumen soal dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran menggunakan model Cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Persentase siswa aktif pada siklus I mencapai 75,7 % dan siklus II 86,7 %.. Hasil belajar siswa siklus I mencapai ketuntasan 57,9 % dan siklus II 100 %.
Kata kunci: Cooperative learning tipe STAD, aktivitas belajar, dan hasil
belajar
Yulia Hertika Jaya 1013099033