Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T01:11:35ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-14T03:25:19Z2016-01-14T03:25:19Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17245This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/172452016-01-14T03:25:19ZPRENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
(PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN
AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA FISIKAAbstrak
Rendahnya hasil belajar fisika siswa kelas VII2 SMPN 1 Kedondong disebabkan
oleh kurangnya minat belajar siswa. Pembelajaran yang monoton atau yang hanya
menggunakan metode ceramah di kelas, siswa tidak dilibatkan secara aktif dalam
kegiatan pembelajaran membuat siswa kurang menyukai pelajaran fisika.
Dengan diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah dapat memberikan
pengalaman bagi siswa agar dapat benar-benar memahami materi yang diberikan
karena siswa benar-benar mengalami proses belajar melalui tahapan pembelajaran
berbasis masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara
meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa, dan mengetahui peningkatan hasil
belajar fisika siswa kelas VII2 SMPN 1 Kedondong Tahun Pelajaran 201 1/2012.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa aktivitas belajar
siswa dapat ditingkatkan menggunakan pembelajaran berbasis masalah
dengan cara memberi kesempatan kepada siswa melalui eksperimen dan
mempresentasikan hasil eksperimen, dan guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan
Susanto
berkaitan dengan topik pembelajaran yang disampaikan untuk meningkatakan
hasil belajar. Guru menyampaikan langkah-langkah pembelajaran berbasis
masalah. Pada saat siswa mengerjakan LKK guru selalu membimbing siswa
dalam merumuskan masalah, menelaah masaalah, dan merumuskan hipotesis.
Kemudian guru meminta siswa untuk mengumpulkan dan mengelompokkan data.
Melalui data tersebut siswa dapat membuktikan hipotesis dan siswa menentukan
penyelesaian atas permasalahan yang diberikan.
Kemudian siswa menyimpulkan hasil pengamatannya dan mempresentasikannya
di depan kelas.
Kata Kunci: Aktivitas, hasil belajar, pembelajaran berbasis masalah.Susanto 10131010022015-04-21T07:54:27Z2015-10-19T04:24:20Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8616This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86162015-04-21T07:54:27ZPRENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
(PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN
AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA
(PTK di Kelas VII
2
SMPN 1 Kedondong Tahun Pelajaran 2011/2012)Rendahnya hasil belajar fisika siswa kelas VII SMPN 1 Kedondong disebabkan
oleh kurangnya minat belajar siswa. Pembelajaran yang monoton atau yang hanya
menggunakan metode ceramah di kelas, siswa tidak dilibatkan secara aktif dalam
kegiatan pembelajaran membuat siswa kurang menyukai pelajaran fisika.
Dengan diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah dapat memberikan
pengalaman bagi siswa agar dapat benar-benar memahami materi yang diberikan
karena siswa benar-benar mengalami proses belajar melalui tahapan pembelajaran
berbasis masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara
meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa, dan mengetahui peningkatan hasil
belajar fisika siswa kelas VII
2
SMPN 1 Kedondong Tahun Pelajaran 2011/2012.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa aktivitas belajar
siswa dapat ditingkatkan menggunakan pembelajaran berbasis masalah
dengan cara memberi kesempatan kepada siswa melalui eksperimen dan
mempresentasikan hasil eksperimen, dan guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan
Susanto
berkaitan dengan topik pembelajaran yang disampaikan untuk meningkatakan
hasil belajar. Guru menyampaikan langkah-langkah pembelajaran berbasis
masalah. Pada saat siswa mengerjakan LKK guru selalu membimbing siswa
dalam merumuskan masalah, menelaah masaalah, dan merumuskan hipotesis.
Kemudian guru meminta siswa untuk mengumpulkan dan mengelompokkan data.
Melalui data tersebut siswa dapat membuktikan hipotesis dan siswa menentukan
penyelesaian atas permasalahan yang diberikan.
Kemudian siswa menyimpulkan hasil pengamatannya dan mempresentasikannya
di depan kelas.
Kata Kunci: Aktivitas, hasil belajar, pembelajaran berbasis masalah.Susanto 1013101002