Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-19T03:44:22ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-04-28T02:18:34Z2015-10-19T07:32:06Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8858This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88582015-04-28T02:18:34ZPENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT JANGKIT MELALUI ALAT
MODIFIKASI BANGKU, KARDUS DAN GELANG – GELANG
PADA SISWA KELAS IX SMP N 1 WAY LIMA
KABUPATEN PESAWARAN TAHUN
PELAJARAN 2011/2012
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Way Lima. Penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar lompat jangkit pada siswa kelas IX
SMP Negeri 1 Wai Lima Kabupaten Pesawaran dengan menggunakan alat bantu
bangku, kardus, dan gelang-gelang.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom
Action Research). Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IX
SMP Negeri 1
Wai Lima Kabupaten Pesawaran yang berjumlah 30 siswa, jumlah siswa lakilaki
17
orang
dan
siswa
perempuan
13
orang.
Sedangkan
teknik
pengumpulan
data
dilakukan dengan
observasi
dan menggunakan
instrumen penilaian
tes
keterampilan
gerak
dasar
lompat
jangkit.
Hasil
penelitian
menunjukkan:
pada
siklus
pertama
dengan
menggunakan
alat
modifikasi
bangku
diperoleh
persentase
ketuntasan
belajar
23
%, itu bearti
tindakan
belum
efektif.
Pada
siklus
kedua
dengan
alat
modifikasi
kardus,
diperoleh
persentase
ketuntasan
belajar
39
%,
itu bearti
tindakan
masih belum
efektif.
Pada
siklus kedua
dengan
alat
modifikasi
gelang-gelang,
diperoleh
persentase
ketuntasan
belajar
85
%. Selama
tindakan
telah
terjadi
peningkatan
dengan
prosentase
keberhasilan
48
%.
Kesimpulan
dari
penelitian
ini adalah
proses
pembelajaran
dengan
alat
yang
dimodifikasi
yang
dilakukan
dalam
tiga
siklus
tindakan
secara
keseluruhan
telah
terbukti
menghasilkan
proses
pembelajaran
yang
efektif
karena
mampu
meningkatkan
hasil
belajar
siswa.
Syafi’e 1013108034