Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:37:45ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-09-07T04:41:12Z2015-09-07T04:41:12Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12421This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/124212015-09-07T04:41:12ZUPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA
MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA KELAS VI
SEMESTER 1 SD NEGERI 2 PADANG RATU
KECAMATAN GEDONG TATAAN
KABUPATEN PESWARAN
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar
siswa kelas VI SD Negeri 2 Padang Ratu. Tujuan yang ingin dicapai dari
penelitian ini, yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA dengan
menggunakan metode demonstrasi pada kelas VI Semester 1 SD Negeri 2 Padang
ratu.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang berisi
alur penelitian meliputi empat tahapan, dimulai dari perencanaan
tindakan,pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Empat tahapan tersebut
membentuk siklus. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Tehnik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes hasil belajar, dan
lembar observasi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 2 Padang
Ratu yang berjumlah 16 orang.
Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan: Penerapan metode
demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD
Negeri 2 Padang Ratu. Hal ini dilihat aktivitas belajar siswa yang mengalami
peningkatan yaitu siklus I jumlah rata-rata 62,5% dan pada siklus II jumlah ratarata
87,5%. Hal ini juga terjadi pada hasil nilai IPA dari siklus I sampai siklus II.
Pada siklus I rata-rata hasil belajar 66,25 dan meningkat pada siklus II mencapai
79,375. Siswa yang tuntas belajar pada siklus I ada 10 orang atau 62,5% dan pada
siklus II siswa yang tuntas belajar mengalami peningkatan sehingga menjadi 13
orang atau 81,25%.
Rohaida 1013109044