Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:01:18ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-12-07T02:15:26Z2015-12-07T02:15:26Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15099This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/150992015-12-07T02:15:26ZPENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR
MATEMATIKA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN
KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISIONS (STAD)
SISWA
KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KERTASANA
KECAMATAN KEDONDONG
PESAWARANTujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran
kooperatif Student Teams Achivement Division (STAD) untuk meningkatkan
aktivitas dan prestasi belajar matematika di kelas IV Sekolah Dasar Negeri
Kertasana.
Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas. Data penelitian adalah
observasi siswa dan tes setiap akhir siklus. Data dianalisis secara deskriptif dan
kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I pertemuan ke-1, hasil belajar siswa
yang belum tuntas ada 15 orang siswa dari jumlah seluruhnya 20 orang siswa
dengan retata 50,75, sedangkan hasil belajar pada pertemuan ke-2, siswa yang
tuntas ada 16 orang siswa dengan rerata 63,5. Pada siklus II pada pertemuan ke-1
sudah mencapai nilai KKM yaitu 65 dengan rerata 73,75.Reni Elfina 1013109133