Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:26:39ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-08-14T03:44:05Z2015-08-14T03:44:05Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11602This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/116022015-08-14T03:44:05ZPENINGKATAN KEMAMPUAN ANALISIS IPA MELALUI MODEL
KOOPERATIF TIPE TPS PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 2
KEDONDONG KECAMATAN KEDONDONG KABUPATEN
PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012Hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 2 Kedondong masih rendah, terlihat dari
hasil yang didapat yaitu 69,57 % siswa belum mencapai KKM 65. Hal ini merupakan
masalah yang harus diselesaikan, salah satu penyebabnya yaitu siswa kurang aktif dalam
melakukan proses pembelajaran dikelas. Untuk itu peneliti ingin memberikan solusi untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe ThinkPair-Share
(TPS) yang merupakan salah satu alternatif pembelajaran inovatif yang dapat
mengembangkan keterampilan berkomunikasi dan proses interaksi di antara individu yang
dapat digunakan sebagai sarana interaksi sosial diantara siswa dan sekaligus menjawab
masalah yang ada di Sekolah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada
siswa kelas V SD Negeri 2 Kedondong dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif
tipe Think-pair-share (TPS). Penelitian ini berlangsung 2 siklus yang setiap siklus terdiri dari
2 kali pertemuan. Sebagai subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2
Kedondong sebanyak 23 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes tertulis berupa
tes awal dan tes akhir.
Hasil test menunjukkan bahwa dari ketuntasan belajar siswa sebelum melakukan
tindakan sebesar 30,43%, setelah dilakukan tindakan ketuntasan belajar meningkat dari siklus
I sebesar 71,74% menjadi 81,74% pada akhir siklus II. Siswa telah mencapai ketuntasan
belajar pada siklus II pada materi daur air. Berdasarkan analisis data hasil penelitian dan
pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
Think-pair-share (TPS) dalam kegiatan pembelajaran mata pelajaran IPA sangat
memungkinkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Untuk penelitian
selanjutnya hendaknya pembelajaran dirancang sedemikian rupa agar dapat memperkaya
variasi mengajar. Hal ini untuk mengantisipasi kejenuhan yang dialami oleh siswa dan selalu
memantau perkembangan siswa terutama dari perilaku, pemikiran dan pemahaman terhadap
materi yang diajarkan.SURYANTO 1013109160