Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:18:43ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-04-21T08:01:10Z2015-10-19T04:44:52Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8705This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87052015-04-21T08:01:10ZMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
SISWA KELAS VIII-8 MELALUI PENERAPAN TIPE STAD
(Studi di SMP Negeri 1 Pagelaran)Penerapan proses pembelajaran di kelas sangat mempengaruhi keberhasilan siswa
dalam belajar. Dalam proses pembelajaran selama ini belum berjalan dengan
optimal dapat dilihat dari rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Oleh karena
itu perlu diterapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model
pembelajaran kooperatif.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
Kelas VIII-8 SMP Negeri 1 Pagelaran dengan menerapkan model pembelajaran
tipe Student Team Achievement Division (STAD). Faktor yang diteliti adalah
aktivitas dan hasil belajar matematika. Kegiatan yang dilakukan meliputi
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data hasil observasi
diperoleh dari tes akhir tindakan setiap akhir siklus dan hasil pengamatan dari
guru teman sejawat selama proses pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas siswa pada siklus 1
sebesar 38,56%, siklus 2 sebesar 70,83%, dan pada siklus 3 sebesar 88,10%. Ini
berarti terjadi peningkatan aktivitas siswa dari tiap siklus sebelumnya. Persentase
hasil belajar siswa yang memperoleh nilai diatas 62 sebesar 38,88%, siklus 2
sebesar 63,88%, dan pada siklus 3 siswa yang memperoleh nilai diatas 62 sebesar
83,33%. Ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada setiap akhir siklus.
Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII-8 di
SMP Negeri 1 Pagelaran.
Kata Kunci: Pembelajaran, Aktivitas, Hasil Belajar, KooperatifSupriyati 1013110015