Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T01:44:12ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-15T02:34:56Z2016-01-15T02:34:56Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17096This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/170962016-01-15T02:34:56ZUPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS
DAN HASIL BELAJAR DENGAN
MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN
KOOPERATIF TEAM ASSISTED
INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATA
PELAJARAN IPS DI KELAS VII.4 SEMESTER
GENAP PADA SMP NEGERI 1 GADINGREJO
KAB. PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN
2011/2012Masalah yang diteliti dalam penelitian ini yaitu mengenai upaya meningkatkan
kreativitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Tujuan yang akan dicapai
dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis peningkatan aktivitas dan hasil
belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team
Assisted Individualization (TAI) pada pelajaran IPS di kelas VII.4 SMP Negeri 1
Gadingrejo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus meliputi perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan
teknik tes dan observasi. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa
upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada
pelajaran IPS di kelas VII.4 SMP Negeri 1 Gadingrejo selalu mengalami
peningkatan untuk setiap siklusnya.SISWATI 1013113009