Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:38:37ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-14T02:40:49Z2016-01-14T02:40:49Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17447This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/174472016-01-14T02:40:49ZPENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KEMBALI BERITA YANG
DIBACAKAN KE DALAM BEBERAPA KALIMAT PADA SISWA
KELAS VII SEMESTER GANJIL SMP KARYA BHAKTI
GADING REJO KABUPATEN PRINGSEWU
TAHUN PELAJARAN 2011/2012Abstrak
Pembelajaran menulis khusunya menulis kembali berita yang dibacakan ke dalam
berapa kalimat merupakan suatu permasalahan yang perlu dibenahi, meskipun
pembelajaran menulis kembali berita yang dibacakan ke dalam berapa kalimat sudah
sering diberikan kepada siswa, namun hasil yang diharapkan belum memuaskan.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tingkat kemampuan siswa dalam menulis
kembali berita yang dibacakan ke dalam berapa kalimat yang meliputi beberapa
unsur diantaranya (1) kesesuaian isi berita, (2) ketepatan isi berita yang ditulis dengan
yang dibacakan, (3) keefektifan kalimat, (4) ketepatan ejaan dan tanda baca, dan (5)
kepaduan pargraf.
Penelitian ini merupakan upaya peningkatan kemampuan siswa dalam menulis
kembali berita yang dibacakan ke dalam berapa kalimat melalui teknik pelatihan
pada siswa kelas VII.C SMP Karya Bhakti Gading Rejo Kabupaten Pringsewu yang
dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 27
siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan,
pelaksanaan, pengobservasian, dan refleksi. Pada siklus I setiap siswa menulis
menulis kembali berita yang dibacakan ke dalam berapa kalimat dengan berita yang
berjudul “Aktivitas Gunung Merapi” dan pada siklus II berita mengenai “Wabah
DBD”. Aspek yang dinilai pada setiap siklus adalah aktivitas siswa dan guru. Hasil
evaluasi pada siklus I menunjukkan bahwa aktivitas dan prestasi belajar siswa belum
optimal. Pada siklus II dalam proses pembelajaran dan latihan menulis kembali berita
yang dibacakan ke dalam berapa kalimat guru memberikan latihan dengan
mengadakan bimbingan kepada siswa. Hasil evaluasi siklus II menunjukkan prestasi
belajar siswa meningkat karena sesuai dengan indikator kerja yang menyatakan penelitian tindakan kelas berhasil, jika hasil belajar siswa mencapai kriteria ketuntasan
klasikal sebesar 75%.
Hasil penelitian kemampuan menulis kembali berita yang dibacakan ke dalam berapa
kalimat pada setiap siklus terdapat peningkatan. Prasiklus siswa yang sudah mencapai
KKM 9 orang dengan persentase 33,33%, siswa yang belum mencapai KKM 18
orang dengan persentase 66,67%. Siklus I siswa yang mencapai KKM 1 2 orang
dengan persentase 44,44%, dan yang belum mencapai KKM 1 5 orang dengan
persentase 55,56%. Pada siklus II siswa yang mencapai KKM 22 orang dengan
persentase 81 ,48%, siswa yang belum mencapai KKM 5 orang dengan persentase
18,52%. Hasil yang diperoleh mengalami peningkatan dari prasiklus ke siklus I
meningkat 11,11% dan dari prasiklus ke siklus II sebesar 48,15%.
Hasil evaluasi menunjukkan bahwa teknik pelatihan dapat meningkatkan kemampuan
siswa dalam menulis kembali berita yang dibacakan ke dalam berapa kalimat pada
siswa kelas VII SMP Karya Bhakti Gading Rejo Pringsewu sehingga mencapai
tujuan yang telah ditetapkan, yaitu tercapai KKM sekolah untuk mata pelajaran
Bahasa Indonesia 65,00.
Sri Andayani 1013116027