Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:07:02ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-12-02T05:00:04Z2015-12-02T05:00:04Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15017This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/150172015-12-02T05:00:04ZPENINGKATAN EFEKTIVITAS GERAK DASAR MEMUKUL BOLA
DALAM PERMAINAN KASTI MELALUI MODIFIKASI ALAT
BANTU PADA SISWA KELAS IV SDN 2 PANDANSARI
SELATAN KECAMATAN SUKOHARJO
KABUPATEN PRINGSEWU
T.P 2011/2012Penelitian ini bertujuanuntukmemperbaiki danmeningkatkanproses pembelajaran gerak dasarmemukul bola
dalam permainan kasti pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Pandansari Selatan, Kecamatan Sukoharjo
Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2011/2012dengan penggunaanalat bantuberupapiring plastik, bola
kertas dan pemukul yang terbuat dari botol air minum berbahan plastik.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dengan
menggunakan tiga siklus. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Pandansari Selatan,
Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 20 siswa terdiri dari
10 putra dan 10 putri. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan menggunakan
instrumentpenilaianketerampilangerak dasar memukul bola pada permainan kasti.
Hasil penelitian menunjukkan: pada tes awal hanya mencapai ketuntasan 0% hal ini berarti masih sangat
rendahnya kemampuan gerak dasar siswa dalam melakukan gerak dasar memukul bola dalam permainan
kasti. Padasiklus pertama dengan penggunaan modifikasi alat bantu berupapemukul yang terbuat dari piring
plastikdiperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajarmeningkat menjadi 15%dengan tingkat efektivitas
25,84%, hal itu berarti tindakan belumefektif. Pada siklus kedua dengan penggunaan modifikasi alat bantu
berupa bola kasti yang terbuat dari kertas diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar mengalami
peningkatan menjadi40%dengan tingkat efektivitas 47,19%, halitu berarti tindakan belumefektif.Pada siklus
ketiga dengan penggunaanmodifikasi alat bantu berupapemukul yang terbuat dari botol air minum berbahan
plastik diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar mengalami peningkatan menjadi 85%dengan
tingkat efektivitas 67,42%hal ini berarti proses pembelajaran telah efektif dengan peningkatan efektivitas hasil
belajar lebih dari 50%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran kasti khususnya pada materi
gerak dasar memukul bola menggunakan modifikasi alat bantu dapat memperbaiki dan meningkatkan
efektivitas hasil pembelajaran keterampilan gerak dasar memukul bola pada siswa kelas IV SD Negeri 2
Pandansari Selatan, Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2011/2012.TRI HAYATI 1013118075