Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T13:00:21ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-08T09:31:26Z2016-01-08T09:31:26Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16692This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/166922016-01-08T09:31:26ZPENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN
MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATA
PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI
KELAS IV SD NEGERI 2 WONODADI KECAMATAN
GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Wonodadi pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing.
Methode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan model siklus yang mengandung empat tahapan yaitu : rencana (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflektion). Metode pengumpulan data yang digunakan dengan cara mengumpulkan nilai hasil belajar siswa dari test yang diberikan pada akhir pembelajaran. Analisis data dengan merekap hasil test yang diberikan pada setiap akhir siklus yaitu menganalisis hasil test dengan membuat tabulasi dan presentasi yang disajikan dalam bentuk tabel dan membandingkan indikator keberhasilan antara hasil test siklus I dan siklus II.
Peningkatan hasil belajar siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa pada mata pelajaran PKn yang awalnya rata-rata 60,80 / 37,5% yang tuntas, pada siklus I meningkat menjadi nilai rata-rata yang diperoleh siswa 65,41 / 58,3% dan pada siklus II lebih meningkat lagi nilai rata-rata menjadi 77,70 atau 87,5% yang tuntas KKM. Hasil penelitian ini menunjukkan bukti adanya keberhasilan dalam tindakan, hasil belajar meningkat.
Kata Kunci : Peningkatan Hasil Belajar, Model Pembelajaran Role Playing, Mata
Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
HERMAWATI 1013119020