Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:00:54ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-11-26T04:05:12Z2015-11-26T04:05:12Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14869This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/148692015-11-26T04:05:12ZPENINGKATAN PRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR
MATEMATIKA DENGAN PENGGUNAAN METODE
KERJA KELOMPOK PADA SISWA KELAS IV
SDN 1 PRINGSEWU SELATAN
TAHUN 2012/2013
ABSTRAK
Matematika merupakan ilmu yang sangat penting diberikan pada jenjang pendidikan dasar supaya siswa memperoleh pengetahuan , ketrampilan, sikap dan kepekaan untuk menghadapi hidup dengan tantangan-tantangannya. Kesemua ini tak lepas dari peran dan perhatian guru dalam mengajar.
Berdasarkan pengamatan, prestasi dan aktivitas belajar Matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Pringsewu Selatan masih rendah. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran Matematika guru lebih mendominasi dalam pembelajaran, kurang member kesempatan pada siswa untuk berani menyampaikan ide/gagasan, maupun pikirannya sehingga siswa menjadi pasif dan cepat bosan.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar Matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Pringsewu Selatan semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013 dengan penggunaan metode kerja kelompok.
Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, pada siklus 1 terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus 2 juga 2 kali pertemuan. Pada prestasi belajar siswa pada siklus 1 dengan ketuntasan belajar mencapai 61%. Pada siklus 2 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 88%. Pada aktivitas belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya.dari siklus 1 indikator bertanya yaitu (23%) meningkat pada siklus 2 menjadi (42%), untuk indikator menjawab pertanyaan pada siklus 1 (23%), meningkat menjadi (57%) pada siklus 2.begitu pula pada indikator kerja kelompok siklus 1 (61%) meningkat (80%) pada siklus 2, memberikan ide/pendapat pada silkus 1 (19% meningkat menjadi (46%) dan memberikan tanggapan pada saat presentasi juga mengalami peningkatan dari (11%) menjadi (38%).
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa metode kerja kelompok dapat meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar Matematika siswa kelas IV SDN 1 Pringsewu Selatan semester genap tahun pelajaran 2012/2013.
Kata kunci : prestasi, aktivitas belajar, metode kerja kelompok.
Ahmad Hakim 1013119117