Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:37:30ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-08-14T03:48:01Z2015-08-14T03:48:01Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11615This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/116152015-08-14T03:48:01ZPENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS
ACHIVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 5
PRINGSEWU BARAT KABUPATEN PRINGSEWU
Pendidikan dasar harus dapat memberikan peluang kepada anak untuk
mengembangkan berbagai kemampuannya secara optimal, seperti kemampuan
berpikir, bereksplorasi dan bereksperimen demikian juga mampu untuk bertanya
dan berpendapat.
Rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah : ”Bagaimana
peningkatan aktivitas dan prestasi belajar Matematika melalui model
pembelajaran kooperatif tipe STAD pada kelas V SD Negeri 5 Pringsewu Barat
Kabupaten Pringsewu?”.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan prestasi
belajar Matematika melaui pembelajaran cooperative tipe student teams
achivement division dengan standar kompetensi “standar kompetensi “memahami
sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun” dan kompetensi dasarnya adalah
“mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar” dan “menentukan jaring-jaring
berbagai bangun ruang sederhana”.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Data
penelitian diperoleh melalui lembar observasi dan tes prestasi belajar. Data
dianalisis secara deskriptif kuantitatif.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa presentase aktivitas siswa siklus I
sebesar 62,60% meningkat menjadi 78,60% pada siklus II. Sedangkan rata-rata
prestasi belajar pada siklus I sebesar 66 meningkat menjadi 79 pada siklus II
sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebanyak 29 siswa
(100%).
SUDARWATI 10131191902015-04-28T02:39:13Z2015-09-09T08:05:02Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9204This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92042015-04-28T02:39:13ZPENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS
ACHIVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 5
PRINGSEWU BARAT KABUPATEN PRINGSEWUPendidikan dasar harus dapat memberikan peluang kepada anak untuk
mengembangkan berbagai kemampuannya secara optimal, seperti kemampuan
berpikir, bereksplorasi dan bereksperimen demikian juga mampu untuk bertanya
dan berpendapat.
Rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah : ”Bagaimana
peningkatan aktivitas dan prestasi belajar Matematika melalui model
pembelajaran kooperatif tipe STAD pada kelas V SD Negeri 5 Pringsewu Barat
Kabupaten Pringsewu?”.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan prestasi
belajar Matematika melaui pembelajaran cooperative tipe student teams
achivement division dengan standar kompetensi “standar kompetensi “memahami
sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun” dan kompetensi dasarnya adalah
“mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar” dan “menentukan jaring-jaring
berbagai bangun ruang sederhana”.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Data
penelitian diperoleh melalui lembar observasi dan tes prestasi belajar. Data
dianalisis secara deskriptif kuantitatif.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa presentase aktivitas siswa siklus I
sebesar 62,60% meningkat menjadi 78,60% pada siklus II. Sedangkan rata-rata
prestasi belajar pada siklus I sebesar 66 meningkat menjadi 79 pada siklus II
sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebanyak 29 siswa
(100%).
Kata Kunci : Aktivitas, Prestasi belajar, dan Kooperatif tipe STADSUDARWATI 1013119190